Pengorganisasian Petani Tambak dalam Meningkatkan Perekonomian Melalui Inovasi Pengolahan Ikan Bandeng di Dusun Ujung Timur Gresik

Authors

  • Dwi Wahyuni UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jicd.2021.3.1.17-27

Keywords:

inovasi;, perekonomian;, petani tambak;

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendampingan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian melalui inovasi pengolahan ikan bandeng yang dipelopori oleh ibu-ibu. Masyarakat Dusun Ujung Timur mengolah hasil tangkapan ikan dengan cara menjual mentah tanpa melakukan inovasi terlebih dahulu. Padahal jika dilakukannya inovasi maka keuntungan yang didapatkan sangat besar karena dapat menarik minat pembeli dengan berbagai macam olahan. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dimana proses penelitian ini mengajak partisipasi aktif masyarakat dan  menjadikan masyarakat sebagai subjek, yan menjadi objek adalah problem yang dihadapi penelitian. Proses penelitian skripsi ini dilaksanakan dengan mengkaji masalah bersama masyarakat hingga proses penyelesaian dari masalah tersebut. Sehingga akan tercipta perubahan sosial masyarakat. Proses pendampingan ini dimulai dari assessment awal, inkulturasi, proses penggalian data, menyimpulkan hasil riset, merencanakan aksi perubahan, pelaksanaan program, mempersiapkan keberlanjutan program, serta monitoring dan evaluasi. Hasil dari penelitian proses pendampingan ini adalah terwujudnya perubahan perilaku dan bertambahnya wawasan masyarakat dalam melakukan inovasi ikan bandeng, yakni dengan adanya proses pendidikan masyarakat tentang inovasi ikan bandeng, pembentukan kelompok inovasi ikan bandeng, serta adanya advokasi terkait program pengolahan ikan bandeng kepada pemerintahan di Dusun Ujung Timur Desa Randuboto Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2013). Modul Participatory Action Research (PAR). Surabaya: Lembaga Pengabdian Masyarakat IAIN Sunan Ampel.

Afandi, A. (2014). Metodologi Penelitian Sosial Kritis. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Afandi, A. (2016). Modul Participatory Action Research (PAR). Surabaya: LPPMUIN Sunan Ampel Surabaya.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Nurjanah. (2012). Manajemen Bencana. Bandung: Bandung Alfabeta.

Sabarud. (2006). Belajar dan Bekerja Bersama Mayarakat, Panduan bagi Fasilitator Perubahan Sosial. Surakarta: Perhimpunan SUSDEC Surakarta.

Sulistiyawan, W. (2014). Pemkab Gresik Tebar Benih Bandeng Produktif di Tambak Petani. Gresik, Jwa Timur, Indonesia.

Yudhi. (2016). Produksi Ikan Naik, Ekspor Ikut . Gresik, Jawa Timur, Indonesia.

Downloads

Published

2021-03-05

Issue

Section

Articles