Pengorganisasian Masyarakat Dalam Pemanfaatan Limbah Kotoran Ternak Melalui Penerapan Konsep Produksi Bersih di Dusun Krajan Desa Siwalan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Harvina UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jicd.2021.3.1.52-66

Keywords:

pengorganisasian masyarakat;, pupuk organik;, pemanfaatan limbah;

Abstract

Desa Siwalan adalah desa yang terletak di kaki Gunung Wilis. Karena tanahnya yang subur, masyarakat bekerja di sektor pertanian dan peternakan. Dari sisi peternakan, masyarakat memelihara sapi dan kambing. Hal ini di dukung karena melimpahnya limbah hasil pertanian, yang dapat di gunakan sebagai pakan ternak. Namun banyaknya kotoran hasil peternakan tidak semua mampu di kondisikan, sehingga memunculkan dampak bagi lingkungan, yaitu berupa pencemaran air di sungai dan pencemaran udara akibat tumpukan kotoran ternak. Hal yang harus dilakukan ialah dengan penyadaran masyarakat  tentang limpahan aset yang dimiliki dan belum termanfaatkan secara optimal. Aset tersebut berupa aset kotoran ternak, aset hewan ternak dan aset kelompok tani. Metode penelitian dalam penggalian data menggunakan metode ABCD (Aset Base Community Developmant). Pendampingan berbasis ABCD ini dilakukan dengan menggunakan tahap 5-D yaitu discovery, define, dream, design dan destiny. Pendampingan selama 4 bulan bersama masyararakat Dusun Krajan Desa Siwalan menghasilkan: (1) Masyarakat memiliki pola pemikiran bahwa masyarakat memiliki banyak aset yang dapat di kembangkan(2) Adanya tekat dan kemauan yang kuat menuju perubahan yang lebih baik (3) Kembali aktifnya kelompok tani dengan adanya kegiatan pembuatan pupuk organik (4) Limbah terolah menjadi pupuk (5) Penekanan biaya pupuk kimia yang terminimalisir oleh pupuk organik (6) skill  yang di miliki masyarakat dapat berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christopher, D. (2013). Pembaruan Lokal Untuk Pembangunan. Australia Community Development and Civil Society Strengthering Scheme (ACCES).

Nadhir, S. (2015). Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya Asset Based Community-driven Development (ABCD). Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.

Nasrun Annahar, d. (2017). Sejahtera dari Desa: Refleksi Pemberdayaan. Malang: Averroes Press

Downloads

Published

05-03-2021

Issue

Section

Articles