Pengorganisasian Masyarakat dalam Meningkatkan Konsumsi Obat Alami Melalui Pemanfaatan Pekarangan Rumah di Dusun Delik Jombang

Authors

  • Ika Nur Oktaviasari SD Islam Karimi Wafa Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

DOI:

https://doi.org/10.15642/jicd.2021.3.1.28-35

Keywords:

PAR;, Pengorganisasian;, Tanaman TOGA;

Abstract

Indonesia dikaruniai dengan keanekaragaman hayati yang melimpah temasuk desa Jombangdelik. Penelitian ini membahas tentang pengorganiasasian masyarakat dalam upaya peningkatan konsumsi obat alami dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Tanah di desa Jombangdelik ini tergolong subur, beberapa tumbuhan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dapat tumbuh disana.Tanaman TOGA memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.Namun masyarakat belum memiliki kesadaran untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam TOGA padahal pekarangan yang dimiliki oleh masyarakat cukup luas. Proses pengorganisasian msyarakat ini menggunakan metode penelitian Participatory Action Research (PAR). Metode penelitian PAR ini melibatkan secara aktif partisipasi masyarakat mulai dari penggalian data, perumusan masalah, hingga proses aksi program. Penelitian PAR berbasis pada permasalahan yang terjadi di masyarakat sehingga proses penemuan masalah peneliti melibatkan masyarakat untuk menemukan permasalah tersebut. Strategi yang dilakukan peneliti yaitu melalui penyadaran masyarakat melalui pendidikan dan kampanye manfaat obat alami yang bisa ditanam di pekarangan masyarakat sendiri, memperkuat kelompok yang ada di masyarakat sebagai penggerak penanaman TOGA yaitu ibu PKK, serta advokasi kepada pemerintah dan lembaga terkait.Tujuan dari penelitian ini adalah terjadinya sebuah perubahan yang berkelanjutan didalam masyarakat dalam masalah kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2014). Metodologi Penelitian Sosial Kritis. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Haidah, L. (2004). Dakwah Pemberdayaan Masyarakat : Kajian Implementatif Partisipatory Action Research. E-ijtima Media Komunikasi Pengemmbangan masyarakat Madani, Vol 5 No. 2, hal. 72.

Downloads

Published

2021-03-05

Issue

Section

Articles