Strategi Brand Activation Bandeng Mentari UMKM UD. Sarana Multi Niaga Kabupaten Gresik

Authors

  • Ellyda Retpitasari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Muchlis Muchlis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jik.2018.8.1.20-34

Keywords:

Strategi brand activation, brand awareness, UMKM

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti membahas tentang strategi brand activation bandeng mentari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) UD. Sarana Multi Niaga Kabupaten Gresik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang strategi brand activation yang digunakan UMKM UD. Sarana Multi Niaga Kabupaten Gresik dalam rangka untuk mewujudkan awareness konsumen, dan bentuk brand activation yang digunakan UMKM UD. Sarana Multi Niaga dalam rangka untuk mewujudkan awareness. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa, UMKM UD. Sarana Multi Niaga menjalankan strategi melalui segmentation, targeting dan positioning. Kemudian bentuk brand activation menggunakan sponshorship, product trial, dan direct selling. Strategi dan bentuk brand activation itu digunakan untuk mewujudkan kesadaran merek (brand awareness) dari konsumen, hal tersebut diwujudkan dengan brand Bandeng Mentari dikenal sebagai kearifan lokal dari kabupaten Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D.A. 1991. Managing Brand Equity. New York: The Free Press

A. Shimp, Terence. 2003. Advertising, Promotion, And Other Aspects of Integrated Marketin Communications. South Westren, Thomson: University of South Caroline

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Bagas Pratama, Aditya. 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Pustaka Media Brannan, Tom. 1998. Pedoman Praktis Untuk Pemasaran Terpadu. Jakarta: Gramedia

Creswell, John W. 2009. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarata: Pustaka Pelajar

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Denscombe, Martyn. 2003. The Good Research Guide, 2nd ed . Philadelphia: Open University Press

Durianto. 2004. Strategi Menaklukan Pasar melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka

E. Maulana, Amalia. 2009. Consumer Insights Via Ethnography. Jakarta: Erlangga

Estaswara, B. Helpris. 2008. Think IMC! Efektifitas Komunikasi untuk Meningkatkan Loyalitas Merek dan Laba Perusahaan. Jakarta: Gramedia

H, Kertajaya. 2005. Markplus on Strategy: 12 Tahun Perjalanan MarkPlus&Co. Membangun Strategy Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka

J. Moleong, Lexy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosda Karya

Joseph P. Cannon, et.al. 2008. Basic Marketing, A Global-Managerial Aprroach. New York: MC Graw Hill.

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Gramedia Utama Grafiti

Keller, Kevin Lane. 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing

Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall

Kliatchko. 2004. J.Understanding Integrated marketing communications. Inkwell Publishing.

Larry Percy. 2008. Strategic Integrated Marketing communication. United Kingdom: Butterworth-Heinemann

M. Suryanto. 2005. Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: ANDI

M.A, Morissan. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Pranada Media Group

Muktiyo, Widodo. 2006. Membangun Usaha dengan Kekuatan Image. Yogyakarta: Pinus Nasution. 1964. Azas-Azas Kurikulum. Bandung: Terate

Nitisusastro, Mulyadi. 2010. Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta

Poerwandari, E. Kristi. 2005. Pendekatan Kualitatif untuk Perilaku Manusia. Jakarta: Mugi Eka Lestari

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Metode Penelitiaan Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

R. Semiawan, Conny. 2008. MetodePenelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Robiyanto, Febra. 2004. Akuntansi Praktis untuk Usaha Kecil dan Menengah. Semarang,: Studi Nusa

S.M, Siahaan. 1990. Komunikasi, Pemahaman, dan Penerapan. Jakarta: BPK Gunung Mulia Sciffman L.G & Kanuk, L.L. 1994. Consumer Behaviour. New Jersey. Prentice Hall Siamamora. 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka

Strauss, A. L., and Corbin, J. 1998. Basics of Qualitative Research: Grounded Theory Procedures and Techniques, 2nd edition. Newbury Park, CA: Sage Publications

Sulajsana, Uyung. 2003. Interated Marketing communication: Teks dan Kasus., Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra & Andriana, Dadi. 2008. Pemasaran Strategik. Jakarta: Penerbit Andi.

Akifa P. Nayla. 2014. “Komplet Akutansi untuk UKM dan Warabala”. Jojakarta

ean-Noel Kapferer. 2012. The New Strategic Brand Management : Advanced Insights and Strategic Thinking. UK : Kogan Page Limited=

Bolton, Ruth N. 2004. Invited Commentaries on Evolving to a New Doamin Logic for Marketing, Journal of Marketing

Desilya Bunga Arini, Hadi Purnama, Maylanny Christin S.Sos. 2013. Strategi Penerapan Brand activation STAR GLAM MAGAZINE melalui Event Marketing Sunday Morning Bandung. Bandung: Universitas Telkom

Endah, Muwarni. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Univ. Dr.. Moestopo

Finanda, Septi Asri. 2017. Brand activation D’Yon2 n’ D’ Nyin2. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Handoko. 2008. New Battlefield, Jurnal Marketing- Marketing Club

International Journal of Commerce and Management Research ISSN: 2455-1627, Impact Factor: RJIF 5.22 www.managejournal.com Volume 3, Issue 3, March 2017, Page No. 89-91

Kurniawan, Ferry Duwi, Luluk Faizah. 2014. Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam penanggulangan kemiskinan. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Morel, Paul, Peter Preisler and Anders Nystrom (2002). Brand activation

http://www.metro.as/index.php/content/.../13BrandActivation.pdf (Online)

Nurseto, Tejo. 2004. “Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tangguh”, dalam jurnal Ekonomi & Pendidikan

Oktavia, Ellora. 2016. Strategi Yang Digunakan Indo Marketing Solution Untuk Menciptakan Brand Awareness Majalah Lahap. Surabaya: Universitas Ciputra

Olof Holm. 2006 “Integrated marketing communication: from tactic to strategggy. Jurnal Corporate Communications

Profil Bisnis UMKM . Lembaga Penembanan Perbankan Indonesia dengan Bank Indonesia tahun 2015

Rahab. 2009. Penerapan Manajemen Merek Pada Ushaa Kecil dan Menengah (UKM). Purwokerto:Universitas Jendral Soedirman Purwokerto.

Rahmadhani, Yuri. 2017. Strategi Branding Portal Online www.tripriau.com Dalam Membangun Brand awareness Sebagai Portal Online Pariwisata Provinsi Riau. Riau: Universitas Riau

Rhohmanditya, Raka. 2016. Perancangan Brand activation Kopi Cap Liong Bulan Sebagai Warisan Kuliner Khas Kota Bogor. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Sakur. 2011. Kajian Faktor-faktor yang Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Studi Kasus di Kota Surakarta Spirit Publik. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Tulasi, Dominikus. 2012. Marketing communication dan Brand awareness. Jakarta: Binus University.

Wahyuningsih. 2009. “Peran UKM dalam Perekonomian Indonesia”,dalam Jurnal Mediargo Yessy Liembawati, Diah Dharmayanti. 2014. Program Manajemen Pemasaran. Surabaya: Universitas Kristen Petra Surabaya.

Downloads

Published

2018-04-10

How to Cite

Retpitasari, E., & Muchlis, M. (2018). Strategi Brand Activation Bandeng Mentari UMKM UD. Sarana Multi Niaga Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 20–34. https://doi.org/10.15642/jik.2018.8.1.20-34

Issue

Section

Articles