Gaya Komunikasi Konsumen Produk Wardah di Surabaya Gaya Komunikasi Konsumen Produk Wardah di Surabaya

Authors

  • Angi Putri Angrainingsih Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Lilik Hamidah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jik.2018.8.1.35-48

Keywords:

Gaya komunikatif, konsumen, wardah

Abstract

Penampilan masih menjadi suatu hal yang sensitif bagi perempuan muslimah, terutama mengenai kecantikan. Berbagai macam cara dilakukan untuk menambah nilai kecantikannya, salah satunya adalah dengan mengonsumsi produk kosmetik. Wardah sebagai produk kosmetik yang memiliki brand image halal menjadi kosmetik pilhan perempuan muslimah. Penelitian ini membahas tentang bagaimana Gaya Komunikasi Konsumen Produk Wardah di Surabaya. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tindakan komunikatif konsumen produk Wardah di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah (1) bahwa Produk Wardah dipilih perempuan muslim karena adanya klaim halal dan aman dengan bukti sertifikat halal dari MUI dan ijin edar resmi dari BPOM sehingga memungkinkan muslimah dapat mengkuti tren dengan gaya busana ala hijabers; (2) Konsumen Wardah dapat dikatakan memiliki kompetensi komunikasi saat melakukan aktivitas konsumsi produk Wardah karena memenuhi kriteria keempat validitas klaim; dan (3) konsumen Wardah mampu memberikan kesepemahaman dan kesepakatan rasional bahwa produk Wardah dapat menambah kecantikan dan kepercayaan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hafizh, Ramadhan. 2007. The Colour of Women; Mengungkap Misteri Wanita. Jakarta: Amza.

Hardiman, F. Budi. 1993. Menuju Masyarakat Komunikatif. Yogyakarta: Kanisius.

Haryanto, Sindung. 2012. Spektrum Teori Sosial (Dari Klasik Hingga Postmodern). Jogjakarta: Ar RuzzMedia.

Mangkunegara, Anwar P. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama. Maryani, Eni. 2011.

Media dan Perubahan Sosial: Suara Perlawanan Melalui Radio Komunitas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

McCharthy, Thomas. 2006. Teori Kritis Jurgen Habermas. Yogyakarta: Kreasi wacana.

Melliana, Annastasia. 2006. Menjelajah Tubuh: Perempuan dan Mitos Kecantikan. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.

Miles Matthew B dan Micahael Huberman, 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi; Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Piliang, Yasraf Amir. 2004. Dunia yang Berlari; Mencari Tuhan-Tuhan Digital. Jakarta: Grasindo.

Prambasmoro, Aquarini Priyatna. 2006. Kajian Budaya Feminis; Tubuh, Sastra, dan Budaya Pop. Yogyakarta: Jalasutra.

Ritzer & Smart. 2012. Handbook of Teori Sosial. Bandung: Nusamedia.

Ruslan, Rosady. 2006. Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen; Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Suyanto, Bagong. 2013. Sosiologi Ekonomi: Kapitalisme dan Konsumsi di era Masyarakat Post-Modern. Jakarta: Kencana.

Tilaar, Martha. 1999. Kecantikan Perempuan Timur. Magelang: Indonesia Tera. Wolf, Naomi. 2004. Mitos Kecantikan, Terjemahan oleh Alia Swastika. Yogyakarta: Niagara.

Bauw, Intan Zainab. 2012. Konstruksi Kecantikan Perempuan Melalui Iklan.

Jurnal Komunikasi Analisis Semiotika. Fardiyan, Ahmad Rudy Rekayasa Konsumsi, Diferensiasi Sosial, dan Komunikasi, Jurnal Sosiologi Vol 14.

Hidayat, Arif. Bahasa Tubuh:Tanda Dalam Sistem Komunikasi. Jurnal Dakwah dan Komunikasi STAIN Purwokerto.

Kabar Masa Silam, Perjalanan Sejarah Lipstik, kabarmasasilam.blogspot.com, diunggah pada 14 Maret 2013.

Kusumastuti, Frida. 2016. Tindakan Komunikatif Orang Tua Tentang Pendidikan Anak Autis Melalui Online Parent Support Group. Seminar Nasional dan Gelar Produk.

Nuris, Anwar. Tindakan Komunikatif: Sekilas tentang Pemikiran Jurgen Habermas, e-journal.iain-surakarta.ac.id/index.php/al-balaqh.

Putri, Sari Rosalina. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Kepuasan Memilih Produk Kosmetik Oriflame pada PT. Orindo Alam Ayu Cabang Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Suwignyo, Heri. Tuturan Tindakan Komunikatif Subyek Diri dalam Wacana Narasi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2018-04-10

How to Cite

Putri Angrainingsih, A., & Hamidah, L. . (2018). Gaya Komunikasi Konsumen Produk Wardah di Surabaya Gaya Komunikasi Konsumen Produk Wardah di Surabaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 35–48. https://doi.org/10.15642/jik.2018.8.1.35-48

Issue

Section

Articles