Komunikasi Inklusi Framing Sebagai Upaya Penanganan Anak Korban Kekerasan Seksual (Study Kasus Korban Kekerasan Seksual UPTD Dinas Sosial Kampung Anak Negeri Surabaya)

Authors

  • Amalia Alvi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jik.2018.8.1.65-80

Keywords:

Komunikasi inklusi, reframing dan kekerasan seksual

Abstract

Artikel ini membahas tentang: (1) Dampak kekerasan seksual yang dialami anak binaan UPTD Dinas Sosial Kampung Anak Negeri Surabaya. (2) Proses konseling dengan menggunakan teknik Reframing dalam komunikasi inklusi sebagai upaya penanganan anak korban kekerasan seksual di UPTD Dinas Sosial Kampung Anak Negeri Surabaya, (3) Bagaimana hasil akhir konseling dengan menggunakan teknik Reframing dalam komunikasi inklusi sebagai upaya penanganan anak korban kekerasan seksual di UPTD Dinas Sosial Kampung Anak Negeri Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif. Hasil penelitian menujukkan klien mengalami trauma dan ketakutan yang mendalam sehingga memengaruhinya dalam beradaptasi dan berkomunikasi dengan teman-teman dan lingkungannya. Dalam proses konseling dengan menggunakan teknik refreming konselor memberikan gambaran serta sudut pandang baru untuk memperluas cakrawala berpikir dan berpandangan bagi klien sehingga klien bisa mengatasi ketakutannya. Hasil akhir dari proses konseling dengan menggunakan teknik Reframing dalam penelitian ini dikatakan tidak berhasil dengan persentase 30%. yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan kecil pada beberapa sikap dan pengontrolan emosional negatif dan interaksi dengan lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bilaminus, Robertus. LPSK: Kasus Kekerasan Seksual terhadap anak. Kompas online. 22 Juni 2016.

Suharto, Adi. Kekerasan Terhadap Anak. Bandung: Nuansa Cendekia.

Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Khris Hernadi, Arnas. ”Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Abk)”. Jurnal Pendidikan. Online. http://AK Hernadi - academia.edu.ac.id. diakses 10 Oktober 2016.

Oktaviana, Dian. ”Penggunaan Strategi Reframing Untuk Membantu siswa Mengurangi Perasaan Cemas Ketika Bertanya di Kelas”. Jurnal Mahasiswa Teknologi. Online, http: //ejournal.unesa.ac.id, diakses 10 Oktober 2016.

Palmer, Stephen. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2011.

Prastya Yuliawan, Teddy. The Art Of Enjoying Life. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. 2014.

Santrock, Jhon W. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga. 2007.

Nurdin, Ali. Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya: IAIN Press. 2013.

Widjaja, H.A.W. Ilmu Komunikasi; Pengantar Studi. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2000.

Mulyana, Deddy. Komunikasi; Suatu Pengantar. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Liliweri, Alo. Komunikasi; Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana. 2011.

Sudana, Antonius Aris. Konsep Dasar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga. 2013.

Dolphic, Bandi. Pembelajaran anak berkebutuhan khusus. (Bandung: PT Refika Aditama. 2006.

Hildayani, Rini. Penanganan anak berkelainan anak dengan kebutuhn khusus Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, IG.A.K. Pengantar pendidikan luar biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.2010.

Soemantri, Sutjihati. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT refika Aditama. 2007.

Fatimah, Siti. pengembangan paket keterampilan komunikasi konseling melalui teknik reframing bagi mahasiswa BKI fakultas dakwah dan komunikasi uin sunan ampel surabaya. Surabaya: Skripsi. 2016.

Devi Ana Ratih, Skripsi Penerapan Konseling Kelompok Menggunakan Strategi Reframing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar MatematikaPada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri Pungging. Surabaya: Skripsi, 2015.

Andayani, Sri. “Bimbingan Konseling Islam melalui model pendidikan seks bagi siswa SD untuk mengurangi kekerasans seksual pada anak di desa condong kecamatan gading kabupaten Probolinggo”. Skripsi. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. 2016.

http://id.m.wikipedia.org/wiki/pelecehan_seksual_terhadap_anak. Diakses. 09 Desember 2016. 10.54.

Supriati, Euis. “efek paparan pornografi pada remaja SMP Negeri Kota Pontianak Tahun 2008”. Jurnal Sosial Humaniora. (online). Vol 13 No.1. Juli 2009. http://www.ejournal.gunadarma.ac.id. diakses 09 Desember 2016, 11.36.

Fuadi, Anwar. “Dinamika Psikologis Kekerasan Seksual: sebuah studi Fenomenologi”. Journal Psikologi Islam. Online. Vol.08 No.02. Januari 2011. http://ejournal.uin-malang.ac.id. Di akses 09 Desember 2016, 11.47

Yanzi, Mark. Kekerasan Seksual dan Pemulihan. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia. 2009.

Hasil wawancara dengan kak Hilda. salah satu pembina di UPTD Dinas Sosial Kampung Anak Negeri Surabaya. tanggal 01 Desember.

Hasil observasi dengan Pak Pupung. Salah Satu Pembina di UPTD Dinas Sosial Kampung Anak Negeri Surabaya. pada tanggal 03 Desember 2016.

Leandha, Mei. Kasus kekerasan seksual pada anak Indonesia. Kompas online, 22 Oktober 2016.

Downloads

Published

2018-04-10

How to Cite

Alvi, A. (2018). Komunikasi Inklusi Framing Sebagai Upaya Penanganan Anak Korban Kekerasan Seksual (Study Kasus Korban Kekerasan Seksual UPTD Dinas Sosial Kampung Anak Negeri Surabaya). Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 65–80. https://doi.org/10.15642/jik.2018.8.1.65-80

Issue

Section

Articles