Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Ojek Syar'i

Authors

  • Firly Aviliani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jik.2018.8.2.114-129

Keywords:

Strategis komunikasi pemasaran, ojek online dan syar’i

Abstract

Artikel ini membahas tentanng bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari. Tujuannya adalah untuk mengungkap fakta dan data mengenai strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Pertama, strategi segmentasi, langkah awal PT. Ojek Syar’i dalam penentuan segmentasi mengambil sasaran wanita dan anak-anak yang dibungkus dengan basis syar’i. Kedua strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari adalah melalui media sosial marketing yaitu melalui media TV, radio, cetak, media instagram, youtube, facebook konten isi dari sosial media ini berdasarkan syari’i yaitu lebih mengutamakan aspek Islami sistem syar’i. Ketiga dalam PT. Ojek Syari diterapkan sistem syar’i pada pembagian hasil, proses perekrutan, proses promosi, konten sosial media, sampai tata cara berkendara yang syar’i, dan cara berpakaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI. 2008. Al-Qur’an dan Terjemahannya, dengan transliterasi Arab-Latin. Surabaya: Fajar Mulya

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial&Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto, M. 2007. Markring Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi

Uchjana,Effendy Onong. 2007. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhta. 2007. Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah: Panduan Berbasis Penelitian Kualitatif Lapangan dan Perpustakaan. Jakarta: GP Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

J. Maleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; Remaja Rosda Karya

Emzir. 2011. Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta :Rajawali Pers.

Kasali, Rhenald. 2007. Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soemanegara. 2006. Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfabeta Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2012. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aksa, Nur Syam. 2014. Pengantar Transportasi Wilayah Dan Kota Cet. I:Makassar; Universitas Alauddin.

Hurriyati, Ratih. 2008 Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan, 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Alma, Bukhari dan Priansa, Donni Juni. Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Sukarno dan Supridi, Dedi. 2013. Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Seti

Nasution, Mustafa Edwin. 2014. Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam, Jakarta: Prenada Media Group

Gymnasiar, Abdullah dan Kertajaya, Hermawan. 2004. Berbisnis Dengan Hati. Jakarta: Mark Plus & CO Aksa.

Nur Syam. Pengantar Transportasi Wilayah Dan Kota. Cet. I:Makassar; Universitas Alauddin

Wahid Umaimah, dan Eka Puspita, Anggun. 2017. Jurnal Komunikasi. Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relation. Vol. 9, No. 1.

Aprilya, Trias. 2017. eJournal Ilmu Komunikasi, Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyafashop Melaluo Instagram dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer di Samarinda

Citra A, Marsela.2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran di Media Online (Studi Kasus terhadap Manajemen Komunikasi Pemasaran yang Dilakukan oleh GO-JEK di Media Online). Skripsi. Skrips. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Trinanda Talaohu, Muhammad Dipo. “Komunikasi Pemasaran Transportasi Berbasis Online”. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Fauzi, Ahmad. 2017 Komunikasi Pemasaran UKM Kacapuri dalam Menarik Konsumen. Surabaya: Universitas Islam Negeri Surabaya.

yang Mengalami Kecelakaan Berdasarkan Undang- undang Tentang Perlindungan Konsumen, Skripsi. Medan : Universitas Sumtra Utara.

Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017, https://apjii.or.id http://www.ojeksyari.com/

Downloads

Published

2018-10-10

How to Cite

Aviliani, F. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Ojek Syar’i. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 114–129. https://doi.org/10.15642/jik.2018.8.2.114-129

Issue

Section

Articles