Strategi Komunikasi Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia untuk Literasi Media pada Masyarakat Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.15642/jik.2016.6.2.%25pAbstract
Kemampuan literasi media sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tengah banyaknya persoalan yang terjadi pada media massa saat ini. Beragam upaya dilakukan oleh lembaga-lembaga masyarakat guna meningkatkan daya melek masyarakat terhadap media massa. Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) termasuk lembaga yang melakukan upaya pendidikan literasi media kepada masyarakat melalui terjun ke masyarakat langsung dan juga seminar. Artikel ini membahas tentang strategi komunikasi IMIKI untuk literasi media pada masyarakat Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi IMIKI untuk literasi media pada masyarakat Surabaya adalah dengan 4 tahap kunci, yaitu planning, organizing, actuating, and controlling. Perencanaan meliputi sasaran literasi media, pesan yang akan disampaikan, pengkajian tujuan, media yang digunakan dan optimalisasi sumber daya manusia dalam IMIKI. Pengorganisasian meliputi tim dalam kegiatan literasi media. Pengawasan yang dilakukan dengan cara pemberian nomor pengaduan dari pihak KPID Jatim kepada masyarakat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Nur Sholichah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.