Brand Positioning Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada CV. MPU Batu Surabaya)

Authors

  • Sarah Isneini Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jik.2015.5.2.%25p

Keywords:

Brand positioning, usaha kecil dan menengah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang (1) Bagaimana strategi internal CV Mpu Batu Surabaya terhadap brand positioning-nya (2) Bagaimana pemaknaan brand positioning CV Mpu Batu Surabaya oleh stakeholder. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai pemaknaan stakeholder terhadap brand positioning CV Mpu Batu Surabaya, kemudian data tersebut dianalisis dengan Teori Pertukaran Sosial dari John Thibaut dan Harold Kelley.
Haasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) CV Mpu Batu Surabaya menentukan posisi mereknya dengan strategi positioning melalui atribut/keunggulan, positioning melalui kompetisi, dan price-value position posisi berdasarkan harga-nilai yang dikomunikasikan dengan komunikasi langsung dan melalui saluran/media komunikasi. (2) Pemilik, mitra/distributor, customer, dan memaknai brand positioning CV Mpu Batu Surabaya sesuai dengan strategi perusahaan, sedangkan pegawai CV Mpu Batu Surabaya tidak dapat memaknai/menafsirkan brand positioning CV Mpu Batu Surabaya melalui atribut dan berdasarkan harga.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-10-10

How to Cite

Isneini, S. (2015). Brand Positioning Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada CV. MPU Batu Surabaya). Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2). https://doi.org/10.15642/jik.2015.5.2.%p

Issue

Section

Articles