Pola Komunikasi Orang Tua Karir dalam Mendidik Anak (Studi kasus keluarga Mardianto komplek Marinir Blok B No 11 Tarik Sidoarjo)

Authors

  • Tulus Septiana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jik.2014.4.1.%25p

Keywords:

Komunikasi orang tua, mendidik anak

Abstract

Ada dua hal yang ingin dikaji oleh peneliti dalam artikel ini yaitu, bagaimana komunikasi verbal antara orang tua dengan anak dalam menunjang prestasi anak. Dan bagaimana komunikasi nonverbal antara orang tua dengan anak dalam menunjang prestasi anak. Untuk mengetahui persoalan tersebut secara menyeluruh, maka peneliti melakukan pengkajian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif
Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, Komunikasi verbal antara orang tua dengan anak umumnya menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Salam merupakan bahasa verbal yang digunakan anak untuk menyapa ketika bertemu dengan orang tua atau orang muslim lainya, baik di dalam rumah maupun di luar rumah.
Komunikasi nonverbal antara orang tua dengan anak adalah berjabat tangan dan kedekatan merupakan simbol komunikasi nonverbal yang terjadi baik antar anak dengan orang tua. Disamping itu diberi hadiah ketika berprestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-04-13

How to Cite

Septiana, T. (2014). Pola Komunikasi Orang Tua Karir dalam Mendidik Anak (Studi kasus keluarga Mardianto komplek Marinir Blok B No 11 Tarik Sidoarjo). Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.15642/jik.2014.4.1.%p

Issue

Section

Articles