Etika Komunikasi Customer Relations dalam Pelayanan Jama’ah Haji KBIH Nasrul Ummah Kabupaten Kediri

Authors

  • Mochammad Hilmi Rahmatullah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jik.2014.4.2.%25p

Keywords:

Etika komunikasi, customer relations, pelayanan KBIH

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana etika komunikasi customer relations yang dilakukan oleh KBIH Nasrul Ummah dalam melayani jama’ahnya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara global dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa etika komunikasi merupakan salah satu usaha yang dinilai cukup penting dalam proses customer relations. Selain itu, penerapan etika yang biasa disebut dengan etiket juga dapat menciptakan respon dan nilai positif. Kemudian pada akhirnya customer akan percaya dengan pelayanan dari sebuah lembaga. Sedangkan, dalam kaitannya teori etika deontologi yakni, penerapan etika komunikasi yang berlangsung saat pelayanan ibadah haji hakikatnya merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh KBIH Nasrul Ummah, hal ini sejalan dengan kebebasan antar manusia untuk tetap berinteraksi dengan melakukan hal yang baik seperti yang diungkapkan oleh Immanuel Kant.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-10-10

How to Cite

Hilmi Rahmatullah, M. (2014). Etika Komunikasi Customer Relations dalam Pelayanan Jama’ah Haji KBIH Nasrul Ummah Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2). https://doi.org/10.15642/jik.2014.4.2.%p

Issue

Section

Articles