Pengaruh Terpaan Iklan Nacific di Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific pada Followers Akun @nacificofficial.id

Authors

  • Didiek Tranggono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Ajeng Nidita Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Juwito Juwito Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.141-155

Abstract

This research discusses the effect of exposure to nacific advertisements on instragram on purchasing decicions for nacific prodctson followers of he @nacificofficial.id. This research uses quantitative approach and the analytical method used is multiple linear regression.

The object of this research is Jang Hansol version of Nacific ad which about answers question about ‘Fresh Herb Origin’ product. Meanwhile, the subject is followers Nacific’s official account on Instagram, @nacificofficial.id who have watched the ad. Primery data collection using a questionnaire to 100 respondents.

The results showed that exposure of Nacific ad on Instagram has positive influence on purchase decision of the advertised product. Thus, H1, H2 and H3 are accepted, that means frequency, duration and intensity have influence   on purchase decision which have indicators: product choices, brand choices, supplier choices, time of purchase, purchase quantity and payment method

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Z. A., & Setiyanti O. W. The Effectiveness of Use of Soundcloud Application for Promoting Pop Punk Songs and Music. Bali International Seminar on Science and Technology. (Desember, 2012): 59–64. www.engadget.com/2012/12/07/editorial-

Ambar. 20 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli. (Januari 12, 2020). https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-sosial-menurut-para-ahli.

APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Insternet Indonesia). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Insternet Indonesia 2018. (Januari 8, 2020). https://apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018.

Ardial. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Basuki, Agus Tri & Nano Prawoto. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis. Jakart: Raja Grafindo Persada, 2016.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2006.

Damiati, dkk. Perilaku Konsumen. Depok: Rajawali Pers, 2017.

Jaiz, Muhammad. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2001.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga, 2012.

Kurniawan, David. Kelebihan dan Kekurangan Instagram sebagai Media Promosi. (Februari 20, 2020). https://exrush.com/kelebihan-dan-kekurangan-instagram-sebagai media promosi/

Lee, Monle & Carla Johnson. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2011.

Markerter, Elite. Membuat Iklan di Instagram untuk Mempromosikan Bisnis Anda. (Januari 13, 2020). https://elitemarketer.id/social-media/membuat-iklan-di-instagram-untuk mempromosikan-bisnis-anda/

Masharyono, Diyah Setyorini & Intan Lina Katrin. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Javana Bistro Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia, 2016.

McQuail, Denis. Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga, 1991.

Morissan. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

Mudassir, Rayful. Daftar Pengguna Instagram Terbanyak di Dunia, Indonesia di Urutan Berapa? (Januari 8, 2020). https://teknologi.bisnis.com/read/20190629/84/939306/dafta pengguna-instagram-terbanyak-di-dunia-indonesia-di-urutan-berapa.

Munir. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta, 2017.

Nasrullah, Rulli. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenada Media, 2014.

Nilapradnya, Andara D. Pengaruh Iklan Melalui Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian Loffle di Kota Semarang. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, 2018.

Pahlevi. Kelebihan dan Kekurangan Instagram sebagai Media Pemasaran Online. Februari 20, 2020. https://www.pahlevi.net/kelebihan-dan-kekurangan-instagram/

Paramitha, Nadya. 5 Fitur Terbaru dari Platform Media Sosial Favorit Ini Bergun Banget!/ Januari 1, 2020. https://journal.sociolla.com/lifestyle/fitur-baru-platform media-sosial/

Sendari, Anugrah Ayu. Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. Januari 4, 2020.

https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/inst gram-adalah-platformberbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya.

Shauma, A., & Achmad, Z. A. Efektivitas Iklan Politik di Televisi (Studi Deskriptif Kuantitatif Efektifitas Iklan Politik Aburizal Bakrie Versi Motivasi Anak Indonesia Pada Pemilih Pemula di Surabaya). Jurnal Imu Komunikasi 7 no. 2 (Oktober 2015): 1–10.

Shimp, Terence A. Periklanan & Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 1 ed. 5. Jakarta: Erlangga, 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2010.

Sutarman. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Uchjana, Onong Effendy. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2000.

Veren, Rachel Vanadya. Pengaruh Iklan pada Social Media Platform Instagram terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengikut Sociolla). Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, 2019.

Wells, William, Sandra Moriarty & John Burnett. Advertisig Principles & Practice 7th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2006.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Tranggono, D., Nidita Putri, A., & Juwito, J. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Nacific di Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific pada Followers Akun @nacificofficial.id. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 141-155. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.141-155

Issue

Section

Articles
| Abstract views: 420 ,