Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik

Authors

  • Zainal Abidin Achmad Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Thareq Zendo Azhari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Wildan Naufal Esfandiar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nafila Nuryaningrum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Anisah Farah Dhilah Syifana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Cahyaningrum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Keywords:

Pemasaran Digital, Sosial Media, UMKM Sidokumpul Gresik

Abstract

This research discusses how  the use of social media in marketing UMKM products in Sidokumpul Village, Gresik District, Gresik Regency. The research objective is to introduce UMKM products to the wider community in order to get a bigger market potential. This research method is qualitative by using phenomenological approach. The research result is, the use of social media provides good prospects for increasing the sales of UMKM products in Sidokumpul Village, Gresik District, Gresik Regency which is experiencing the impact of the COVID-19 pandemic. This is because the digital marketing system provides an online buying and selling platform, in order to facilitate the ordering and purchasing process. So that buyers can interact with UMKM owners to make transactions directly

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zainal Achmad dan Rachmah Ida. Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data dan Metode Penelitian. The Journal of Society & Media 2 no. 2 (Oktober, 2018): 130–145. https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145

Abidin, Zainal Achmad dan Setiyanti O. W. The Effectiveness of Use of Soundcloud Application for Promoting Pop Punk Songs and Music. Bali International Seminar on Science and Technology. Desember 7, 2012. www.engadget.com/2012/12/07/editorial-

Abidin, Zainal Achmad, Integrasi Program Dakwah dan Budaya: Studi Etnografi Virtual Mediamorfosis Radio Nada FM Sumenep Madura. Jurnal Komunikasi Islam 09 no 2, (Desember 2019): 238–263. https://doi.org/10.15642/jki.2019.9.2.239-263.

Aditya, Okto Suryawirawan, Perceived Ease of Usedan Perceived Usefulnessterhadap E-Commerce Intentionmelalui Aplikasi Online Shoppada Mahasiswa di Surabaya. Jurnal MEBIS 4 no 1, (July, 2019): pp 1-8. https://doi.org/10.33005/mebis.v4i1.46

Ardiyanto, Arif . Analisis Penggunaan Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Skripsi, (Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018).

Baril, Izzati Haq, Henna Sebagai Komunikasi Identitas Budaya (Studi Fenomenologi Pemah5aman & Pemaknaan Laki-Laki Pengguna Henna Di Kampung Arab Surabaya). Jurnal Voxpop, 1 no. 1 (September, 2019). 98-107. http://voxpop.upnjatim.ac.id/index.php/voxpop/article/view/16

Helmalia dan Afrinawati. “ Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 3 no 2 (Juli 2018): (237-246) DOI: http://dx.doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182

Ira, Nur dkk. “Workshop Pemasaran Online Mahasiswa KKN-PPM Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Desa Bulang Prambon Sidoarjo”, (Surabaya: Abadimas Adi Buana, 2017).

Kaplan, Andres and Michael Haenlein. User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons 53 (Februari, 2010): (59-68). DOI: 10.1016/j.bushor.2009.09.003

Munajat, Enjat dkk. Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Mendukung Pemasaran Produk UMKM (Studi Kasus Kabupaten Subang, Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 no 10 (Oktober, 2018): 896-899. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20445

Rining, Ertien Nawangsari dan Arimurti Kriswibowo, ed. Potret Masyarakat dan Kebijakan Pemerintah dalam Menghadapi Tantangan Pandemi COVID-19. (Surabaya: Program Studi Ilmu Administrasi Negara, UPN ‘Veteran’ Jawa Timur, 2020).Ruslan, Rosady Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi, cet. 5 Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Situmorang, Anggun P. “Sri Mulyani: Corona Beri 3 Dampak Besar Ekonomi Indonesia”, Liputan6.com, Juni 30, 2020. https://m.liputan6.com/bisnis/read/4292763/sri-mulyani-corona-beri-3-dampak-besar-ke-ekonomi-indonesia.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta, 2015.

Swastha, Basu Dharmmesta, Manajemen Penjualan, cet. 5. Yogyakarta: Penerbit BFSE, 2001.

Tutiasri, et al., Creative Marketing Strategies of Sembung Batik. Proceedings of the 2nd International Media Conference 2019 (IMC 2019). (March, 2020): https://doi.org/10.2991/assehr.k.200325.030

Wahyuni, Arum Purbohastuti. “Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi”. Jurnal Tirtayasa EKONOMIKA, 12, no. 2 (Oktober 2017): 212-231. jurnal.untirta.ac.id › article › download

Yunita Purnamasari, Ari Pradhanawati, Wahyu Hidayat, “ Analisis peluang E-Commerce Dalam Pengembangan Usaha Mikro Dan Menengah Produk Batik” (Studi Kasus pada Usaha Batik di Semarang), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 4 no. 4 (September, 2015): 45, https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/9226 (42-49.

Downloads

Published

2020-04-10

How to Cite

Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Issue

Section

Articles