Perspektif Semiotik Tentang Representasi Budaya Feodal Dalam Iklan A Mild Versi "Tanya Kenapa" Dengan Tema "Belum Tua Belum Boleh Bicara"
DOI:
https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.1-35Keywords:
Representasi Semiotika, Feodal, Iklan A MildAbstract
Penelitian yang mengangkat iklan sebagai objek penelitian, menjadi hal yang menarik bagi peneliti. Karena iklan merupakan media yang memilki tanda visual yang berhubungan dengan tanda yang ada di masyarakat. Tiap tanda-tanda memiliki relasi/ asosiasi, sehingga menghasilkan makna yang tergantung dari sudut pandang pembaca iklan. Peneliti mengambil iklan sebagai objek penelitian yaitu Iklan A Mild tema “ Belum Tua Belum Boleh Bicara” , iklan tersebut menurut peneliti memiliki nilai-nilai feodal yang terdapat dalam tanda – tanda seperti pada komposisi, gesture, warna, aksentuasi, tagline, dll.
Studi mengenai tanda atau Semiotika ini, peneliti menggunakan terori dari C.S. Pierce tentang Ikon, Indeks, dan Simbol. Budaya Feodal dalam iklan ini bertujuan untuk mengkritik kondisi dimasyarakat, fenomena yang ada di masyarakat bahwa budaya Feodal masih mempengaruhi seseorang dalam pergaulan, berpikir, berkomunikasi, berpendapat, birokrasi, dll. Sehingga paham seperti ini dapat memperhambat perkembangan masyarakat itu sendiri. Selain itu, budaya Feodal bertentangan dengan prinsip-prinsip Demokrasi yang memberikan kebebasan untuk melakukan hak masing-masing.
Kritikan pada masyarakat melalui tanda-tanda dalam iklan A Mild ini, melalui tampilan burung pelikan tua dan muda yang bertolak belakang, tinggi- rendah, jauh-dekat, warna, ekpresi pelikan. Maka representasi iklan tersebut mengarah pada tanda yang berhubungan dengan relasi sosial.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2011 Andjrah Hamzah Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.