Spasialisasi Dalam Ekonomi Politik Komunikasi (Studi Kasus MRA Media)
DOI:
https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.93-108Keywords:
Ekonomi, Politik, Media, SpasialisasiAbstract
Ekonomi politik merupakan salah satu cara atau perspektif untuk melihat dan menganalisis suatu isu atau fenomena komunikasi. Konsep yang beriringan dengan Komodifikasi adalah komersialisasi. Komersialisasi adalah sebuah proses dimana struktur dan isi sebuah media diatur dan disesuaikan dengan keinginan konsumen atau khalayak, sehingga konten dari media tersebut hanya berdasarkan profit oriented saja, yang mengakibatkan isi media menjadi seragam, stereotipikal, dangkal dan tidak otentik. Terdapat beberapa pandangan ketika kita menelaah media dengan perspektif ekonomi politik. Diantaranya perspektif liberal dan perspektif kritisDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2011-04-10
How to Cite
Adila, I. (2011). Spasialisasi Dalam Ekonomi Politik Komunikasi (Studi Kasus MRA Media). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 93–108. https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.93-108
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2011 Isma Adila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.