Spasialisasi Dalam Ekonomi Politik Komunikasi (Studi Kasus MRA Media)

Authors

  • Isma Adila Universitas Gajah Mada Jogjakarta

DOI:

https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.93-108

Keywords:

Ekonomi, Politik, Media, Spasialisasi

Abstract

Ekonomi politik merupakan salah satu cara atau perspektif untuk melihat dan menganalisis suatu isu atau fenomena komunikasi. Konsep yang beriringan dengan Komodifikasi adalah komersialisasi. Komersialisasi adalah sebuah proses dimana struktur dan isi sebuah media diatur dan disesuaikan dengan keinginan konsumen atau khalayak, sehingga konten dari media tersebut hanya berdasarkan profit oriented saja, yang mengakibatkan isi media menjadi seragam, stereotipikal, dangkal dan tidak otentik. Terdapat beberapa pandangan ketika kita menelaah media dengan perspektif ekonomi politik. Diantaranya perspektif liberal dan perspektif kritis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-04-10

How to Cite

Adila, I. (2011). Spasialisasi Dalam Ekonomi Politik Komunikasi (Studi Kasus MRA Media). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 93–108. https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.93-108

Issue

Section

Articles