Modernisasi Sistem Manajemen Pesantren dengan SIAP (Sistem Informasi Administrasi Pesantren) pada Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin

Authors

  • Ulul Aedi UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Asep Amaludin UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.15642/jim.v2i2.830

Keywords:

Modernisasi, Sistem Manajemen, Pondok Pesantren

Abstract

Sebagai sebuah lembaga tua, pesantren memiliki sistem pengeolaan yang tardisional. Seiring dengan perkembangan zaman sistem pengelolaan tradisional pesantren banyak mendapat tantangan. Pesantren dituntut untuk dapat bersaing dengan lembaga – lembaga lain yang lebih modern. Eksistensi pesantren bergantung pada kemampuan modernisasi pesantren. Modernisasi pesantren diartikan sebagai penyesuaian pesantren terhadap perkembangan zaman. Sirojuth Tholibin sebagai salah satu pondok pesantren yang melakukan modernisasi baik dari segi pendidikan maupun pengelolaan. Dari segi pendidikan Sirbin menyusun kurikulum dengan jenjang pendidikan yang jelas. Dalam segi pengelolaan Sirbin membangun dan menerapkan sistem SIAP ( Sistem Informasi Administrasi Pesantren). SIAP dapat mengolah dan memberikan informasi yang akurat dan cepat tentang keseluruhan data santri. Dengan penggunaan SIAP Sirbin mendapatkan banyak kemudahan dan keuntungan. Keuntungan profit didapatkan Sirbin pasca penggunaan SIAP. Modernisasi yang dilakukan oleh Sirbin hanya terbatas pada sektor manajerial saja. Pada sistem pendidikan hanya ada pembaharuan sistem pendidikan berjenjang. Sedang pada sektor lain, seperti metode pengajaran dan kajian kitab kuning sampai saat ini masih dipertahankan. Maka bisa disimpulkan jika Sirbin melakukan penyesuaian dengan tetap mempertahankan ciri khas dari pesantren yang tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bashori, Modernisasi Lembaga Pendidkan Pesantren Perspektif Azumardi Azra, Jurnal Pendidikan Islam. 11 (2) 2017

Chamdan Purnama. Sistem Informasi Manajemen. (Mojokerto : Insan Global, 2016)

Faisal Kamal. Transformasi Pendidikan Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam Abad 21. Jurnal Paramurobi. 1 (2) 2018.

Lukman Hakim, Prinsip-Prinsip Dasar Sistem Informasi Manajemen Dilengkapi Teori Dasar Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, (Jambi : Timur Laut Aksara, 2019)

Nanda Ayu Istiqomah, Khoirotul Imayah, Nuris Saidah, Muhammad Ainul Yaqin. Pengembangan Arsitektur Data Sistem Informasi Pondok Pesantren. Jurasik : Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Informatika . 5 (1) 2021

Reihanisa Erico Dwi Ramadhana dan Azizah Fatmawati. Sistem Manajemen Keuangan di Pondok Pesantren Adh-Dhuha. Jutif : Jurnal Informatika. 1 (2) 2020.

Uus Muhammad Husaini, Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Melalui Sistem Informasi Manajemen di Pondok Pesantren Nur El Falah. Lontar : Jurnal Ilmu Komunikasi. 8 (2) 2020.

Wheny Kristianto, Totok Supriyanto, Sri Wahyuni. Sistem Informasi Manajemen Pendekatan Sosioteknik, (Jember : UPT Penerbitan UNEJ, 2015)

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Aedi, U., & Asep Amaludin. (2022). Modernisasi Sistem Manajemen Pesantren dengan SIAP (Sistem Informasi Administrasi Pesantren) pada Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin. Journal of Islamic Management, 2(2), 96–106. https://doi.org/10.15642/jim.v2i2.830

Issue

Section

Articles