Strategi Dakwah dalam Digitalisasi Ziswaf di Era Pandemi

Authors

  • Afidatul Asmar Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Lira Yuanita Alumni Universitas Airlangga Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15642/jim.v2i2.996

Keywords:

Dakwah Strategy, Pandemi, Digitalization, ZISWAF Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna digitalisasi ziswaf, mengidentifikasi dan mendeskripsikan cara kerja ZISWAF digital, dan menganalisis strategi dakwah yang bisa diterapkan kepada masyarakat terkait digitalisasi ziswaf. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari studi literatur kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil yang didapatkan dari peneliian ini yaitu bahwa digitalisasi ziswaf atau ziswaf digital merupakan inovasi dari transaksi ZISWAF yang dilakukan secara online melalui aplikasi atau platform tertentu yang bekerjasama dengan BAZNAS. Cara kerjanya seperti praktik transaksi ZISWAF pada umumnya, namun melalui online. Strategi dakwah yang bisa diterapkan untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait ziswaf digital antara lain: 1) Strategi Tilawah dengan ceramah atau tulisan yang berisi tentang penjelasan aturan dan hukum transaksi ZISWAF, 2) Strategi Tazkiyah, dengan mengajak seseorang yang kotor jiwanya untuk bertaubat melalui ceramah maupun ESQ, dan 3) Strategi Ta’lim, dengan membuatkan kurikulum pembelajaran bertahap terkait ZISWAF digital. Kesimpulannya ialah bahwa strategi dakwah dapat diterapkan untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait digitalisasi ZISWAF

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lira Yuanita, Alumni Universitas Airlangga Indonesia

ASN Penyuluh Kesehatan Puskesmas Cempae Parepare, Indonesia

References

Abidah, Atik, Analisis Strategi Fundraising terhadap Peningkatan Pengelolaan ZIS pada Lembaga

Amil Zakat Kabupaten Ponorogo,

Kodifikasia, 10 (1), 2016, 163-189 Amanda, Gebrina Rizki, dkk, Pendayagunaan Zakat pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Imiah Ekonomi Islam (JIEI), 7 (1), 2021,

-222

Darmawan, Awang, dan Rina Desiana,

Zakat dan Pemerataan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19, Al Azhar: Journal of Islamic Economics, 3 (1), 2021, 12-21

Hafidudhin, Didin. Membangun Peradaban Zakat. (Jakarta: IMZ, 2006).

Harisah, dkk, Peran Zakat dalam Pemulihan Ekonomi saat Pandemi Covid-19, Syar’i, 4 (1), 2021, 54-66

Hasanah, Uswatun, Analisis Potensi Penerimaan Zakat melalui E- Commerce pada Masa Pandemi Covid-19, JISFIM: Journal of Islamic Social Finance Management, 2 (1), 2021, 122-134

Iskandar, Azwar, Bayu Taufiq Possumah, dan Khaerul Aqbar, Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam Saat Pandemi Covid-19, SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar’i, 7 (7), 2020, 625-638

Kadir, Afifuddin, dkk, Penggunaan Dana Zakat pada Korban Covid-19 Perspektif Maqashid Syariah, Al- Tafaqquh: Journal of Islamic Law, 1 (2), 2020, 107-116

Khoirudin, Ahmad, Analisis Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perekonomian Provinsi Sumatra Selatan, Jurnal Iqtishaduna: Economic Doctrine, 6 (1) 2021, 532- 541

Kinanti, Risma Ayu, dkk, Optimalisasi Fundraising Zakat pada Kerjasama Institusional Indonesia Melalui E- Commerce Pasca Pandemi Covid-19, Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat dan Wakaf, 2 (1), 2021, 20-37

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Asmar, A., & Yuanita, L. (2022). Strategi Dakwah dalam Digitalisasi Ziswaf di Era Pandemi. Journal of Islamic Management, 2(2), 68–95. https://doi.org/10.15642/jim.v2i2.996

Issue

Section

Articles