Dakwah melalui Ekstrakulikuler : Aktivitas Rohis di SMA Negeri 2 Karimun

Authors

  • Pipir Romadi UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Siti Norhalida UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.15642/jim.v2i2.999

Keywords:

Media Dakwah, Rohis SMA, Ekstrakurikuler

Abstract

Masa remaja sering dipenuhi dengan berbagai keingin tahuan dari rasa keingin tahuan inilah mereka sanggup mengorbankan harga diri mereka, rasa penasaran yang tidak karuan menyebabkan mereka menjadi salah kaprah pergaulan yang tidak sehat menjadikan mereka remaja yang tidak baik pula, tawuran, pergaulan bebas,narkoba bahkan sampai seks bebas sudah tidak asing lagi kita dengar pada kalangan remaja pada saat ini terkhusnya pada kalangan remaja SMA. Oleh karena itu, dibutuhkan peran dari sekolah dalam membangun akhlak para siswa salah satunya yaitu sebagaimana yang diterapkan di SMAN 2 karimun dengan membentuk ekstrakulikuler rohis dengan berbagai  program pembinaan yaitu melalui kegiatan open house, mabit, rihlah, pertualangan fajar,ngerujak dan juga kajian mingguan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fakhruddin, Ahmad. “Peran Organisasi Rohis Dalam Membentuk Akhlaqul Karimah Pada Siswa Man 3 Sleman.” Kualitatif, universitas Islam Indonesia, 2018.

Fitri, Al. “MEMAKNAI ULANG ARTI HIJRIAH,” Oktober 2014. https://badilag.mahkamahagung.go di akses pada tanggal 06 Juli 2022

Guntur Cahyono, Hassani Nibros, 2019 “Youtube:Seni Komunikasi Dakwah Dan Media Pembelajaran,” Al_hikmah : Jurnal Dakwah vol 13 no 1

Hanifah, ummu. “pengaruh keikutsertaan siswa dalam organisasi kerohanian Islam (Rohis) terhadap prilakau keagamaan siswa SMA N 1 Sragen tahun pelajaran 2015/2016.” Kualitatif, universitas Islam Indonesia, 2015.

Maknun, dkk, Moch. Literatur Keagamaan Rohis dan Wacana Intoleransi. Jakarta Pusat, 2018.

Mubasyaroh, Mubsyaroh. “M.Natsir dan Pandangannya tentang dakwah dalam buku fiqhud dakwah.” At- Tabsyir, Jurnal Komunikasi Penyiar Islam 1, no. pandangan dakwah alam buku fiqhud dakwah (2013)

Noer,dkk, Ali. “upaya ekstrakuliker rkeohanian Islam (Rohis) dalam meningkatkan sikap keberagaman siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru.” Jurnal Al-Thariqah 2 (2017): 19.

Sabrina, Ghassani. “Strategi Dakwah Partisipatif Pada Pada Komunitas SHIFTBandung.” Kualitatif, universitas Islam Indonesia, 2018.

Shofi, Ahmad. “Aktifitas Dakwah K.H Muhyiddin Na’im di Wilayah Cipete Jakarta Selatan.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, n.d.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Pipir Romadi, & Siti Norhalida. (2022). Dakwah melalui Ekstrakulikuler : Aktivitas Rohis di SMA Negeri 2 Karimun. Journal of Islamic Management, 2(2), 150–161. https://doi.org/10.15642/jim.v2i2.999

Issue

Section

Articles