BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENANGANI TRAUMA SEORANG SISWA PASCA PENGANIAYAAN DI SCCC (SURABAYA CHILDREN CRISIS CENTRE)

Authors

  • Hadi Riyanto
  • Abd. Syakur

DOI:

https://doi.org/10.29080/jbki.2013.3.2.163-183

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan trauma yang dialami oleh seorang siswa setelah mendapat penganiayaan dari orang dewasa di lingkungan rumahnya. Trauma ini membuatnya takut untuk beraktivitas di luar, susah tidur, sering menangis dan bahkan sampai takut pergi ke sekolah. Konselor menggunakan Cognitive Behavior Therapy untuk mengurangi cara berpikir yang menyalakan diri sendiri yang biasanya dialami oleh orang yang trauma dengan mengembangkan cara memandang lebih rasional dan toleran terhadap diri sendiri. Proses konseling dengan Cognitive Behavior Therapy berjalan cukup berhasil. Hal ini ditandai dengan adanya perubahan pada klien seperti sudah bisa tidur dengan nyenyak, klien sekarang sudah mau sekolah dan tidak merasakan ketakutan meskipun kadang-kadang masih mengingat kejadian tersebut.

Kata Kunci: Trauma, Cognitive Behavior Therapy, Bimbingan dan Konseling Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-05-09

How to Cite

Riyanto, H., & Syakur, A. (2014). BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENANGANI TRAUMA SEORANG SISWA PASCA PENGANIAYAAN DI SCCC (SURABAYA CHILDREN CRISIS CENTRE). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 163–183. https://doi.org/10.29080/jbki.2013.3.2.163-183

Issue

Section

Articles