INTERVENSI RELIGIUS ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Mierrina Mierrina

Keywords:

Intervensi Religiusitas Islam;, Anak Berkebutuhan Khusus.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan intervensi religius Islam bagi anak berkebutuhan khusus, serta untuk mengetahui proses intervensi maupun orang-orang yang terlibat dalam melakukan intervensi religius Islam bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara yang dilakukan pada subyek dan significant other subyek, dan didukung oleh dokumentasi. Subyek penelitian adalah 2 orang anak Sekolah Dasar Inklusi, subyek pertama berusia 9 tahun dan terdeteksi Autis,  selanjutnya subyek kedua  berusia 8 tahun dan terdeteksi Keterlambatan Perkembangan Global. Hasil penelitian menunjukkan     proses intervensi religius Islam yang diterapkan pada subyek memiliki kekhasan masing-masing berdasarkan karakteristik kebutuhan khusus subyek. Intervensi religius Islam penerapannya membutuhkan proses secara perlahan dan berulang, dengan berbasiskan pembiasaan dan permodelan oleh significant other subyek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ancok, D & Suroso, F. 2001. Psikologi Islami: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Az-Zahrani, Musfir bin Said. 2005. Konseling Terapi, Jakarta: Gema Insani.

Brinkerhoff, Shirley. 2004. Tombol Kecepatan – Pemuda Dengan ADHD, Pennsylvania: Mason Crest Publishers.

Dadang, Kahmad. 2002. Sosiologi Agama, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Data penyandang disabilitas. Dalam www.depkes.go.iddownload.phpfile=downloadpusdatin.pdf, diakses 10 Juni 2017.

Geniofam. 2010. Mengasuh & Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Gerai Ilmu.

Ghony, M.J. & Almanshur, F. 2012. Metodolgi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Hibbert, Allison; Alice Godwin, & Frances Dear. 2004. Rapid Psychiatry, Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Konseling, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Partisipasi Sekolah ABK. dalam www.antaranews.com/berita/527190/kemdikbud-angka-partisipasi-bersekolah-anak-berkebutuhan-khusus-rendah, diakses 10 juni 2017.

Poerwandari, E.K. 2005. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Psikologi, Jakarta: LSP3 UIN.

Somantri, T., Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: Refika Aditama.

Van Tiel, Julia Maria. 2007. Anakku Terlambat Bicara – Anak Berbakat Dengan Disinkronitas

Perkembangan, Jakarta: Prenada.

Downloads

Published

2021-04-05