Penilaian Sikap Sosial pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 2 Yogyakarta

Authors

  • Yusria Ningsih UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29080/jbki.2018.8.2.208-215

Keywords:

Sikap Sosial;, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif solusi mengatasi kendala dalam Penilaian Sikap Sosial pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2  Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan waktu. Analisis data yang digunakan model interaktif yakni pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Pelaksanaan penilaian sikap sosial pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2 Yogyakarta, Tahun Pelajaran 2018/ 2019 dilakukan oleh guru kelas dengan cara melakukan pengamatan secara langsung, rutin dan konsisten dengan menggunakan lembar observasi. Kemudian guru kelas mengidentifikasi hal-hal yang berhubungan dengan sikap sosial sesuai dengan masing masing indikatornya, yaitu indikator sikap jujur, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, sikap toleransi dan sikap gotong-royong. Untuk mempermudah hasil penilaian sesuai kompetensinya guru kelas menggunakan teknik penilaian diantaranya : a) Tes. b) Observasi, c) Tes lisan, d) Penilaian 10 Portofolio, e) Jurnal. f) Inventori, g) Penilaian diri, dan h) Penilaian antar teman. 2) Kendala dalam pengembangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hexanto, Muhartomo. 2004. Faktor-Faktor Resiko Yang Berpengaruh Terhadap Kejadian Autisme, Semarang: Dwinopa.

Maria, Julia. 2007. Anakku Terlambat Bicara, Jakarta: Prenada.

Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Yang Kesulitan Belajar, Cet II, Jakarta : Rineka Cipta.

Purwaningtyas, Maylina. “Strategi Pembelajaran Anak Lamban Belajar (Slow Learners) di Sekolah Inklusi SD Negeri Giwangan Yogyakarta”. Skripsi. FKIP Pendidikan Guru Sekolah: UNY Press. 2007.

Somantri, T., Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: Refika Aditama.

Suharmini, Tin. 2005. Aspek-Aspek Psikologis Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol. 1 No. 2.

Sukiyani, Fita. 2015. Best Practice Mendampingi Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah, SD Sumber: Berbah Sleman.

Suryani, Yulinda Erma. 2010. Kesulitan Belajar, Magistra 22

Smart, Aqila. 2012. Anak Cacat Bukan Kiamat, Jakarta: Katahati.

Triani, N & Amir. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban (Slow Learner), Jakarta: luxima.

Yuwono, Joko. 2012. Memahami Anak Autistik, Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-12-05

How to Cite

Ningsih, Y. (2018). Penilaian Sikap Sosial pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(2), 208–215. https://doi.org/10.29080/jbki.2018.8.2.208-215

Issue

Section

Articles