Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan Nilai Tafakkur untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja Putra Panti Asuhan Darul Ihsan Prambanan Yogyakarta

Authors

  • Syamsul Hadi UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29080/jbki.2020.10.2.155-165

Keywords:

REBT Group Counseling;, Tafakkur;, Emotional Intelligence

Abstract

This research departs from cases of violence that are rife in adolescents' environment in the form of deviant behavior caused by low emotional intelligence. The purpose of this study was to test the effectiveness of the Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) group counseling with the value of Tafakkur to Improve the Emotional Intelligence of the Boys at Darul Ihsan Prambanan Orphanage Yogyakarta. The subjects involved were 14 adolescents in the orphanage, who were then divided into two groups, 7 teenagers in the experimental group and 7 teenagers in the control group. This study uses a quasi-experimental design so that the results of the rational emotive behavior therapy (REBT) group counseling with tafakkur value are effective for improving the emotional intelligence of young men at the Darul Ihsan Muhammadiyah Prambanan Orphanage, where the Z value is -2.371 with a significance level of p = 0.018 which means 0.01 <p <0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Mudhofir. (2012), Mukjizat Tafakkur, Cara Sukses Merengkuh Kebahagiaan Dan Puncak Spiritualitas, Yogyakarta: Teras.

Anggreiny, N, dan Sulistyaningsih, W. (2017), Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Remaja Korban Kekerasan Seksual. Jurnal Analitika, 5(2). 67-61.

Asih, Gusti Yuli & Pratiwi, Margaretha Maria Shinta (2010), Perilaku Prososial Ditijau Dari Empati dan Kematangan Emosi, Jurnal Psikologi Muria Kudus, Vol. 1, No.1.

Badri, Malik (2001), Fiqih Tafakkur Dari Perenungan Menuju Kesadaran Sebuah Pendekatan Psikologi Islam, Terj. Surya Darma, Jakarta: Intermedia.

Creswell, John W. (2014), Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed, Terj. Achmad Fawaid, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ely Manizar HM, (2017) Mengelola Kecerdasan Emosi. Jurnal Tadrib. 2(2) 198-213.

Ellis, D.J. & Rovina, Montse, (2015) “Rational Emotive Behavior Therapy: The Evolution Of A Revolution”. Interview With Dr. Debbie Joffe Ellis, Work Partner And Wife Of Dr. Albert Ellis, The Creator REBT. Europe’s Journal Of Psychology, 11(1) 7-15.

Fauziah (2015), Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling Uin Ar-Raniry. Jurnal Ilmiah Edukasi Vol.1, No.1.

Goleman, Daniel (2015), Emosional Intelligence, Cetakan Keduapuluh, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel (2015), Focus: Penggerak Keunggulan Yang Tersembunyi, Cetakan Kedua, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel (2015), Social Intelligence: Ilmu Baru Tentang Hubungan Antar-Manusia, Cetakan Kedua, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haryati, Tutik Dwi (2013), Kematangan Emosi, Religiusitas dan Perilaku Prososial Perawat di Rumah Sakit, Persona Jurnal Psikologi Indonesia, Vol.2, No.2.

Ismail, A. Ilyas (2009), Pilar-Pilar Taqwa Doktrin, Pemikiran, Hikmat, Dan Pencerahan Spiritual, Jakarta: Rajawali Press.

Komalasari, Gantina dkk (2014), Teori Dan Teknik Konseling, Jakarta: Indeks.

Latipun (2011), Psikologi Konseling, Edisi III, Malang: UMM Press.

Lubis, Namora Lumongga (2013), Memahami Dasar-Dasar Konseling (Dalam Teori Dan Praktik), Jakarta: Kencana.

Mahmud, Abdullah. Zikr dan Fikr (2016) Menuju Transformasi Diri. Jurnal Suhuf, vol 28, no 2, hlm. 220-235.

Mappiare, Andi (2006), Kamus Istilah Konseling Dan Terapi, Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Nurdin (2009), Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa di Sekolah, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.IX No. 1.

Periantalo, Jelpa (2015), Validitas Alat Ukur Psikologi: Aplikasi Praktis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pidarta, Made (2014), Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, D.W. L., (2016). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Orang dengan Hipertensi Esensial. Jurnal Philanthropy Universitas Semarang. 1(1), 1-16

Rismawan, Eko Juhairi (2014), Tafakkur Dalamn Al-Qur’an, Skripsi Fakultas Ushuluddin Dan Pemikir Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Stevani, Hayu dkk, (2013). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengatasi Kecemasan Mahasiswa. Jurnal Konselor . 5(1) 1-23.

Sugiyono (2013), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitataif, Kauntitatif, R&D, Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI. No. 20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional, pasal 1.

Yusuf, Syamsu dan Nurihasan, Juntika. (2012), Landasan Bimbingan Dan Konseling, Bandung: Rosda Karya.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Hadi, S. (2020). Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan Nilai Tafakkur untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja Putra Panti Asuhan Darul Ihsan Prambanan Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 155–165. https://doi.org/10.29080/jbki.2020.10.2.155-165

Issue

Section

Articles