Kartun Humor dan Misi Dakwah dalam Media Cetak

Authors

  • Tias Satrio Adhitama Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jki.2014.4.1.103-121

Abstract

This article discusses the gag cartoon in the study of proselytizing. The mass media has a particular rubric for the readers to share their best works of Cartoons. The paper argues that jokes-based Cartoons develop significant values for the proliferation of moral and spiritual messages. For this purpose, these Cartoons should comply with, at least, two principles. First, the Cartoons are deliberately created through the solemn contemplation relying on divine values. Second, the Cartoons are presented within the confines of, and in line with, educational purposes. Both principles maintain the quality of humor in accordance with ethical and aesthetic criteria.
Keywords: cartoon humor, proselytizing, print media

----------------------------------------------------------------------

Paper ini mengulas kartun humor (gag cartoon) dalam kajian dakwah. Seorang kartunis yang bertanggung jawab sadar bahwa karya yang lahir dari tangannya harus memiliki nilai-nilai manfaat. Pertama, karya tersebut sengaja diciptakan melalui kontemplasi yang khusyuk bersandar pada nilai-nilai Ilahiyah. Kedua, kelucuan kartun yang dihadirkan harusnya dalam batas-batas yang edukatif. Kedua hal tersebut untuk menjadikan kualitas humor senantiasa sehat jika dilihat dari humor kriterium etis dan dikategorikan sebagai humor meninggi dalam kriterium estetisnya.
Kata Kunci: kartun humor, dakwah, media cetak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, A. tt, Ilmu Dakwah, Biro Penerbitan Fakultas Dakwah, Surabaya.
Bungin, B. 2006, Sosiologi Komunikasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Depari, E., & MacAndrews. 2006, Peranan Komunikasi Massa dalam Pembangunan,: Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Dominick, J.R. 1983, The Dynamics of Mass Communication. Random House, New York.
Gani, M. 1978, Surat Kabar Indonesia Pada Tiga Zaman, Proyek Pusat Publikasi Pemerintah Departemen Penerangan RI, Jakarta.
Heller, S. 1981, Man Bites Man, A&W Publisher, New York.
Horn, M. 1980, World Encyclopedia of Cartoons. ed., Chelsea House Publisher, London.
http://desaingrafisindonesia.wordpress.com/2008/02/24/metafora-visual-kartun-editorial-pada-surat-kabar-jakarta-1950-1957/
http://kartunmania.wordpress.com/tematawa/periode-agustus-september-2009
Marsalim, G. 2005, ‘Kreativitas Ada Karena Untuk Orang Lain’, Majalah Desain Grafis Concept, vol 2 edisi 07’05, PT Indonesia Printer, Jakarta.
Merriam.1994, Webster Dictionary.
Pramono. 1981, Karikatur-Karikatur 1970-1981, Penerbit Sinar Harapan, Jakarta.
Pramono. 1996, Kartun Bukan Sekedar Benda Seni, Prisma, Jakarta.
Pranowo, B. 2009, ‘Kartun tema Sakit, Kartun sebagai bentuk gag cartoon’ (online image)’, Jawa Pos, 11 Oktober. Diakses 22

Downloads

Published

2014-06-01

How to Cite

Satrio Adhitama, T. (2014). Kartun Humor dan Misi Dakwah dalam Media Cetak. Jurnal Komunikasi Islam, 4(1), 103–121. https://doi.org/10.15642/jki.2014.4.1.103-121

Issue

Section

Articles