Dakwah Inklusif Nurcholish Madjid

Authors

  • Luluk Fikri Zuhriyah. Dosen Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah,

DOI:

https://doi.org/10.15642/jki.2012.2.2.218-242

Abstract

Nurcholish Madjid is synonymous with inclusive Islam discourse. His works are quite consistent in voicing the idea of Islam as an open religion. This article specifically examines the construction of inclusive proselytizing of Nurcholish Madjid and its significance for religious practice. This paper also argues that the people of Indonesia need to embrace and implement inclusive proselytizing in order to create interfaith community or inter-religious harmony


Keywords: Nurcholish Madjid, inclusive proselytizing, inter-religious harmony

------------------------------------------------------------------------

Wacana Islam inklusif sangat melekat dengan sosok Nurcholish Madjid. Karya-karyanya cukup konsisten dalam menyuarakan gagasan Islam sebagai agama terbuka. Artikel ini membahas secara khusus konstruksi dakwah inklusif Nurcholish Madjid dan signifikansinya dalam konteks keberagamaan. Tulisan ini berargumen bahwa dakwah inklusif perlu digerakkan oleh bangsa Indonesia agar kerukunan antarwarga dan antarumat beragama dapat tercipta dengan baik.


Kata kunci: Nurcholish Madjid, dakwah inklusif, kerukunan beragama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A. Mukti. 1992, ‘Ilmu Perbandingan Agma, Dialog, Dakwah dan Misi’, dalam Ilmu Perbandingan Agama di Indonesia dan Belanda, ed. Burhanuddin Daya dan Herman Leonard Beck, INIS, Jakarta.
Andito, ed. 1998, Atas Nama Agama: Wacana Agama dalam Dialog “Bebas” Konflik, Pustaka Hidayah, Bandung.
Anwar, M. Syafi’i. 1993, ‘Sosiologi Pembaruan Pemikiran Islam Nurcholish Madjid,’ Ulumul Qur’an, 1, hal. 53
Anwar , M. Syafi’i. 1995, Pemikiran dan Aksi Islam Indonesia, Sebuah kajian Tentang Cendekiawan Muslim Orde Baru, Paramadina, Jakarta.
Azra , Azyumardi. 1999, ‘Dialog Islam-Kristen di Indonesia: Peranan Fungsionaris Agama dan Intelektual,’ dalam Konteks Berteologi di Indonesia, Pengalaman Islam, ed. Idris Thaha, Paramadina, Jakarta.
Effendi, Djohan. 1985 ‘Dialog Antar-Agama: Bisakah Melahirkan Teologi Kerukunan ?’ dalam Agama dan Tantangan Zaman, Pilihan Artikel Prisma 1975-1984, LP3ES, Jakarta.
Harold Coward. 1985, Pluralism Challenge to World Religions, Orbis Book, New York.
Hidayat, Komaruddin. 1998, ‘Ragam Beragama’ dalam Atas Nama Agama, Wacana Agama dalam Dialog “Bebas” Konflik, ed. Andito, Pustaka Hidayah, Bandung.
Jones, W. Gavin. 1985, ‘Agama-Agama di Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya’, dalam Agama dan Tantangan Zaman, Pilihan Artikel Prisma 1975-1984, LP3ES, Jakarta.
Küng, Hans, et. al. 1986, Christianity and the World Religions, Paths to Dialogue with Islam, Hinduism, and Buddhism, Doubleday, New York.
----------. 1998,’Sebuah Model Dialog Kristen-Islam’, Paramadina, 1 (Juli-Desember ), hal. 9-32
Madjid, Nurcholish. 1983, ‘Cita - Cita Politik Kita,’ dalam Aspirasi Umat Islam Indonesia, ed., Bosco Carvallo dan Dasrizal, Leppenas, Jakarta.
----------. 1987, Islam, Kemodernan dan Keindonesiaan, Mizan, Bandung.
----------. 1992, ‘Universalisme Islam dan Kosmopolitanisme Islam,’ dalam bukunya Islam, Doktrin dan Peradaban, Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemoderenan, Paramadina, Jakarta.
----------. 1995, ‘Pluralisme Agama di Indonesia’, Ulumul Qur’an, 3, hal. 62.
----------. 1999, ‘Islam Inklusif’ dalam Cendekiawan & Religiusitas Masyarakat, Kolom-Kolom di Tabloid Tekad, ed., Budhy Munawar-Rachman, Paramadina, Jakarta.
----------. 1993, ‘Beberapa Renungan Tentang Kehidupan Keagamaan Untuk Generasi Mendatang,’ Ulumul Qur’an, 4.
----------. 1997, ‘Hak Asasi Manusia, Pluralisme Agama dan Integrasi Nasional, Konsepsi dan Aktualisasi,’ dalam HAM dan Pluralisme Agama, ed. Thayib, Anshari, et. al. PKSK, Surabaya.
----------. 1995, ‘Kerukunan dan Kerjasama Antarumat Beragama dalam Pengembangan Unsur Etika Sumber Daya Manusia Indonesia,’ dalam Islam Agama Kemanusiaan, Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia, ed. Nafis, Wahyuni, Muhammad, Paramadina, Jakarta.
----------. 1998, ‘Dialog Di Antara Ahli Kitab (’Ahl Al-Kitâb): Sebuah Pengantar’ dalam Tiga Agama Satu Tuhan, Sebuah Dialog, ed. Grose, George B. & Hubbard, Benjamin J., ter. Astuti, I.S., Mizan, Bandung.
----------. 1998, ‘Dakwah Islam di Indonesia: Tantangan Pasca Kolonialisme dan Perubahan Sosial dalam Masyarakat Plural,’ dalam Agama dalam Pergumulan Masyarakat Kontemporer, ed., Rosyidi, Imron, Tiara Wacana, Yogyakarta.
----------. 1995, ‘’Ahl al-Kitâb’” dalam Islam Agama Peradaban, Membangun Makna dan Relevansi Doktrin Islam dalam Sejarah, ed. i Nafis, Wahyun, Muhammad, Paramadina, Jakarta.
----------. 1998, “Kerukunan Beragama” dalam Atas Nama Agama: Wacana Agama dalam Dialog “Bebas” Konflik, ed. Andito, Pustaka Hidayah, Bandung.
Nasr, H. Sayyed. 1998, ‘Dialog Kristen-Islam, Suatu Tanggapan terhadap Hans Kung’, Paramadina, 1 (Juli-Desember ), hal. 33-47
Shihab, Alwi. 1997, ‘Pertemuan Islam-Kristen di Indonesia: Sebuah Tinjauan Historis’ dalam Islam Inklusif, Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, ed. Rustamadji, Nurul, A., Mizan, Bandung.
Shihab, Quraish, M. 1999, ‘Agama antara Absolusitas dan Relativitas Ajaran,’ dalam Agama dan Pluralitas Bangsa (Jakarta: P3M, 1991), 41Bingkai Teologi Kerukunan: Perspektif Islam,” dalam Konteks Berteologi di Indonesia, Pengalaman Islam, ed. Idris Thaha, Paramadina, Jakarta.
Syam, Kurniati, N. 2005, ‘Dakwah dalam Perspektif Modernisme, Antisipasi menuju Postmodernisme’, Mediator, vol. 6. No. 1, tp.

Downloads

Published

2012-12-01

How to Cite

Fikri Zuhriyah., L. (2012). Dakwah Inklusif Nurcholish Madjid. Jurnal Komunikasi Islam, 2(2), 218–242. https://doi.org/10.15642/jki.2012.2.2.218-242

Issue

Section

Articles