Author Guidelines

Artikel yang dikirim ke redaksi Jurnal Komunikasi Islam (JKI) harus memenuhi persyaratan substantif dan teknis sebagai berikut:

Ketentuan Pengiriman Artikel 

  1. Artikel ilmiah yang dikirim ke JKI adalah karya orisinal dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal berkala lain atau buku bunga rampai.
  2. Artikel yang dikirim ke JKI bisa berupa hasil penelitian (research article) atau hasil telaah literatur (review article) di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam dalam lingkup kajian: a) Komunikasi Dakwah; b) Jurnalistik Islam; c)  Studi Media Dakwah dan Film Religi; d) Retorika Dakwah. 
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia baku dalam bentuk soft-file dalam format word document (MsWord) dengan spasi 1,5 cm , dikirim ke Jurnal Komunikasi Islam (JKI) melalui laman Submissions Open Journal System (OJS) JKI: http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/jki/about/submissions  & melalui email ke alamat: jki@uinsby.ac.id
  4. Sistematika penulisan artikel hasil penelitian (a research article): Abstrak  (100-150 kata) dalam bahasa Inggris & Indonesia & kata kunci (keywords);  Pendahuluan; Kajian Literatur; Metodologi; Hasil dan Pembahasan; Kesimpulan.  Sedangkan sistematika penulisan artikel telaah literatur (a review article): Abstrak (100-150 kata) dalam bahasa Inggris & Indonesia & kata kunci (keywords); ; Pendahuluan; Kajian Konseptual; Tinjauan Kritis; Kesimpulan.
  5. Panjang tulisan artikel atau esai minimal 5000 kata, maksimal 8000 kata.
  6. Pengiriman (submission) artikel atau esai paling lambat 1 bulan sebelum jurnal diterbitkan.
  7. Nama penulis artikel (tanpa gelar akademik, jabatan, atau kepangkatan) dicantumkan dengan disertai alamat korespondensi (email) dan afiliasi.

Format Penulisan Kutipan & Daftar Rujukan 

  1. Penulisan kutipan harus menggunakan catatan perut (in-text). Penggunaan catatan kaki (footnotes) diperkenankan jika memang dibutuhkan dan hanya berfungsi sebagai keterangan tambahan atau penjelasan.        
  2. Contoh Penulisan Kutipan & Daftar Rujukan dalam Catatan Perut (in text):
    (Kutipan tidak langsung) O’Shaugnessy & StadlerBaker (2005) menyatakan bahwa cara paling cepat dalam memahami genre film...  (Kutipan langsung) "Genre film bisa dikenali dengan memahami konvensi dan kode film,"(O’Shaugnessy & Stadler, 2005, hlm. 113).
  3. Contoh Penulisan Referensi (Daftar Pustaka): (Buku) Baker, E., Barrett, M. & Roberts, L. (2002). Working Communication. John Wiley & Sons, Australia. (Artikel Jurnal) Abdullah, A. (1993). Media Muslim: Sekarang dan Masa Depan. Jurnal Komunikasi Audientia. 1 (1), 65-66. (Artikel dalam Buku) Huda, A. N. (2010). Ayat-ayat Cinta and search for an Indonesian Islamic (identity) Film. Dalam Muzakki, A (Eds). Expressions of Islam in Recent Southeast Asia’s Politics (hlm. 215-248).  Impulse & Pintar, Yogyakarta.    (Internet: Berita online) Adi. (2012). Yang Diprotes JAT dari Film Innocence of Muslims. Tempo.co, 17 September. Diakses dari http://id.­be­ri­ta.yahoo.com/yang-diprotes-jat-dari-innocence-muslims-04160­65­30.­html (Internet: Artikel ilmiah online) Nazaruddin, M. (2008). Islam representation in religious electronic cinemas in Indonesia. Diakses dari www.­surrey.ac.uk/politics/research/.../CP-Muzayin­Nazarud­din.pdf (Internet: Artikel populer/opini di media online) Hilmy, M. (2017). Menggeser Pendulum Peradaban ke Tengah. Jawa Pos. Diakses dari https://www.jawapos.com/opini/sudut-pandang/22/11/2017/menggeser-pendulum-peradaban-ke-tengah/ (Artikel populer/opini dalam media cetak) Hilmy, M. (2017). Menggeser Pendulum Peradaban ke Tengah. Jawa Pos. 22 November. (Makalah Seminar, Diskusi, dan Konferensi) Sasono, E. (2011). Muslim Sosial dan Islam Pembaharuan Islam dalam Beberapa Film Indonesia. Artikel disampaikan pada diskusi di Komunitas Salihara. (Skripsi, Tesis, dan Disertasi) Yusron, R. (2008). Jamaah Tabligh: Ajaran dan Dakwahnya. Disertasi. Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta.
  4. Transliterasi huruf Arab ke huruf Latin dalam Jurnal Komunikasi Islam (JKI) mengikuti pedoman yang dibuat berdasarkan SKB Menteri Agama Republik Indonesia dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 158 Tahun 1987 dan Nomor 0543 b/U/1987 tentang transliterasi huruf Arab ke dalam huruf Latin sebagai berikut: https://drive.google.com/file/d/1GPfCAtbUGPoICds4p_TtarDbBfUs1A2M/view?usp=sharing