Pengorganisasian Pemuda Dalam Upaya Meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Literasi Teknologi di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang

Authors

  • Muhammad Faishal Aktivis Sinematografi Pemberdayaan Komunitas

DOI:

https://doi.org/10.15642/jicd.2021.1.2.46-58

Keywords:

pemberdayaan, pengorganisasian pemuda, pengorganisasian masyarakat, asset based community development, UMKM

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pendampingan yang dilakukan kepada kelompok pemuda Desa Sumbermulyo sebagai upaya untuk membantu meningkatkan pemasaran produk UMKM dan juga wisata desa yang ada di Desa Sumbermulyo. Penelitian ini berisikan tentang bagaimana strategi pendampingan, dan bagaimana perubahan sebelum dan sesudah pendampingan dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Assed Basic Community Development) dimana metode ini memfokuskan pada aset yang ada untuk dimobilisasi untuk memajukan perekonomian masyarakat. Metode ini memiliki tahapan yang biasa disebut dengan siklus 5-D yaitu define, discovery, dream, design, dan destiny. Hasil dari pendampingan ini adalah meningkatnya pengetahuan dari para pemuda Desa Sumbermulyo perihal metode dan strategi pemasaran untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM dan wisata desa. Dalam mewujudkan hal tersebut, para pemuda belajar untuk menguasai media sosial dan juga aplikasi-aplikasi untuk membuat poster dan video dengan memanfaatkan Android.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Afandy, dkk. Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam

Afandi, A. (2016). Modul Participatory Action Research (PAR): Untuk Pengorganisasian Masyarakat. Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel.

Christopher, D. (2013). Pembaruan Lokal Untuk Pembangunan. Australia Community Development and Civil Society Strengthering Scheme (ACCES).

Mikkelsen, B. (2011). Metode Penelitian Partisipatif Dan Upaya-Upaya Pemberdayaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

https://www.jurnal.id/blog/pengertian-jenis-dan-perkembangan-umkm-di-indonesia/#3_Usaha_Menengah diakses pada tanggal 23 September 2020 pukul 00.43 WIB.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/8637/pemerintah-ingin-media-sosial-dimanfaatkan-untuk-hal-produktif/0/sorotan_media diakses pada tanggal 23 September 2020 Pukul 02.08 WIB.

Downloads

Published

31-01-2023

Issue

Section

Articles