Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembangunan Desa Wisata

Studi di Wana Wisata Sumber Biru, Wonosalam, Jombang dalam Perspektif Komunikasi Sosial dan Politik Media

Authors

  • Muchlis Muchlis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jik.2023.13.1.31-48

Keywords:

Komunikasi Sosial, Politik Media, Ekonomi Masyarakat, Desa Wisata

Abstract

This research discusses strategies for strengthening the community's economy through the development of the tourism village called Wana Wisata Sumber Biru in Wonomerto Village, Wonosalam District, Jombang Regency, especially related to forms of social and political communication as well as media communication. Using qualitative methods, the results of this study show that lifting and strengthening the community economy of the tourist village relies on community participation where funds for the development of the Sumber Biru Tourism Area are mostly sourced from community self-help and assistance from village-owned enterprises. Regarding forms of social and political communication, the managers of the Tourism Village 'Wana Wisata Sumber Biru' conduct intensive political communication with policy-makers, both at the sub-district, sub-district, and district levels. Meanwhile, related to media communication, the management strives to establish good relations with the mass media to distribute information to the wider community regarding the existence of Wana Wisata Sumber Biru as an alternative tourist destination that is worth visiting

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqidah, Waqi’atul. “Analisis Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pendidikan Ekonomi Non Formal (Studi Kasus Pada Masyarakat Wisata Kampung Topeng, Kelurahan Tlogowaru, Kota Malang.” Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial 14, no. 2 (2020): 382-391.

Ardial, Komunikasi Politik, Cet. 1. Jakarta: Indeks, 2009.

Baswir, Revrisond. Ekonomi Kerakyatan Sebagai Sistem Indonesia, dalam Mubyarto, dkk, Ekonomi Kerakyatan, Cet. 1. Jakarta: Lembaga Suluh Nusantara, 2014.

Cangara, Hafied. Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi, Edisi 1, Cet. 1. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Chusmeru. Komunikasi Ditengah Agenda Reformasi Sosial Politik, Cet. 1. Bandung: Alumni, 2001.

Daymon, Christine and Immy Holloway. Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications, Second Edition. London: Routledge, 2011.

Destiana, Asti, dkk. “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Manis Kidul dalam Menunjang Pendidikan Formal di Objek Wisata Cibulan, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.” Jurnal Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi V, no. 1 ( Juni 2016): 55-63.

Dewi, Mutia. Media Relations 2.0, dalam Jurnal Komunikasi 7, no. 1. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanagara, Oktober 2012.

Fadillah, Siti Sekar Ayu dan Dwi Kartikawati. “Aktivitas Media Relations Konsultan Public Relations Media Buffet dalam Membantu Pembentukan Citra Perusahaan Klien.” dalam Jurnal Komunikasi Universitas Garut: “Hasil Pemikiran dan Penelitian,” 6, no. 2 ( Oktober 2020).

https://radarjombang.jawapos.com/peristiwa/05/11/2018/pengunjung-wisata-sumber-biru-membludak-di-hari-libur, diakses pada 20 Nopember 2021.

https://www.jombangkab.go.id/wisata/wisata-sumber-biru-sensasi-bersantai-di-cafe-tengah-sungai-160430716, diakses pada 20 Nopember 2021.

Karim, Abdul. Peningkatan Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Cet. 1 Makassar: Nas Media Pustaka, 2019.

Malik, Dedy Djamaluddin. Media Massa dan Krisis Komunikasi Politik: Menguatnya Infra dan Melemahnya Suprastruktur Politik, dalam Novel Ali, Peradaban Komunikasi Politik: Potret Manusia Indonesia, Cet. 1. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.

Manan, Abdul dan Wahyunadi. BUMDesa Penggerak Ekonomi Desa. Jakarta: Pusat Data dan Informasi, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, 2019.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. London: SAGE Publications, 2014.

Mubyarto, Ekonomi Kerakyatan dalam Era Globalisasi, dalam Mubyarto, dkk, Ekonomi Kerakyatan, Cet. 1. Jakarta: Lembaga Suluh Nusantara, 2014.

Muhtadi, Asep Saeful Komunikasi Politik Indonesia: Dinamika Islam Politik Pasca Orde Baru, Cet. I. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Mulyana, Deddy. Nuansa-nuansa Komunikasi: Meneropong Politik dan Budaya Komunikasi Masyarakat Kontemporer, Cet. 3. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Raharjo, R. Sumantri. “Media Relations di Media Massa (Analisis Deskriptif Kualitatif terhadap Kegiatan Media Relations TVRI Yogyakarta dan Jogja TV.” dalam Profetik: Jurnal Komunikasi 09, no. 02 (Oktober 2016).

Rudy, Teuku May. Pengantar Ilmu Politik, Cet. 1. Bandung: Eresco, 1993.

Santoso, Slamet. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Suranny, Lilyk Eka. “Pengembangan Potensi Desa Wisata dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Perdesaan di Kabupaten Wonogiri.” Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian dan Pengembangan 5, no. 1 ( Nopember 2021): 49-62.

Suranto Aw. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Susanto, Astrid S. Komunikasi Sosial di Indonesia. Jakarta: Binacipta, 1979.

Vidiarti, Putri, dkk. “Peran Media Relations dalam Mempublikasikan Program Kedinasan Melalui Pendekatan Informal, dalam Tabligh.” Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 3, no. 2 (Mei 2018)

Downloads

Published

2024-04-23

How to Cite

Muchlis, M. (2024). Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembangunan Desa Wisata: Studi di Wana Wisata Sumber Biru, Wonosalam, Jombang dalam Perspektif Komunikasi Sosial dan Politik Media. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 31–48. https://doi.org/10.15642/jik.2023.13.1.31-48

Issue

Section

Articles