Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Ojek Syar'i
DOI:
https://doi.org/10.15642/jik.2018.8.2.114-129Keywords:
Strategis komunikasi pemasaran, ojek online dan syar’iAbstract
Artikel ini membahas tentanng bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari. Tujuannya adalah untuk mengungkap fakta dan data mengenai strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Pertama, strategi segmentasi, langkah awal PT. Ojek Syar’i dalam penentuan segmentasi mengambil sasaran wanita dan anak-anak yang dibungkus dengan basis syar’i. Kedua strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari adalah melalui media sosial marketing yaitu melalui media TV, radio, cetak, media instagram, youtube, facebook konten isi dari sosial media ini berdasarkan syari’i yaitu lebih mengutamakan aspek Islami sistem syar’i. Ketiga dalam PT. Ojek Syari diterapkan sistem syar’i pada pembagian hasil, proses perekrutan, proses promosi, konten sosial media, sampai tata cara berkendara yang syar’i, dan cara berpakaian.Downloads
References
Departemen Agama RI. 2008. Al-Qur’an dan Terjemahannya, dengan transliterasi Arab-Latin. Surabaya: Fajar Mulya
Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial&Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyanto, M. 2007. Markring Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi
Uchjana,Effendy Onong. 2007. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukhta. 2007. Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah: Panduan Berbasis Penelitian Kualitatif Lapangan dan Perpustakaan. Jakarta: GP Press.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
J. Maleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; Remaja Rosda Karya
Emzir. 2011. Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta :Rajawali Pers.
Kasali, Rhenald. 2007. Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Soemanegara. 2006. Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfabeta Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Morissan. 2012. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Aksa, Nur Syam. 2014. Pengantar Transportasi Wilayah Dan Kota Cet. I:Makassar; Universitas Alauddin.
Hurriyati, Ratih. 2008 Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Swastha, Basu dan Irawan, 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Alma, Bukhari dan Priansa, Donni Juni. Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Sukarno dan Supridi, Dedi. 2013. Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Seti
Nasution, Mustafa Edwin. 2014. Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam, Jakarta: Prenada Media Group
Gymnasiar, Abdullah dan Kertajaya, Hermawan. 2004. Berbisnis Dengan Hati. Jakarta: Mark Plus & CO Aksa.
Nur Syam. Pengantar Transportasi Wilayah Dan Kota. Cet. I:Makassar; Universitas Alauddin
Wahid Umaimah, dan Eka Puspita, Anggun. 2017. Jurnal Komunikasi. Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relation. Vol. 9, No. 1.
Aprilya, Trias. 2017. eJournal Ilmu Komunikasi, Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyafashop Melaluo Instagram dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer di Samarinda
Citra A, Marsela.2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran di Media Online (Studi Kasus terhadap Manajemen Komunikasi Pemasaran yang Dilakukan oleh GO-JEK di Media Online). Skripsi. Skrips. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Trinanda Talaohu, Muhammad Dipo. “Komunikasi Pemasaran Transportasi Berbasis Online”. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung.
Fauzi, Ahmad. 2017 Komunikasi Pemasaran UKM Kacapuri dalam Menarik Konsumen. Surabaya: Universitas Islam Negeri Surabaya.
yang Mengalami Kecelakaan Berdasarkan Undang- undang Tentang Perlindungan Konsumen, Skripsi. Medan : Universitas Sumtra Utara.
Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017, https://apjii.or.id http://www.ojeksyari.com/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Firly Aviliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.