IMPLEMENTASI CHROMOTHERAPY DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENURUNKAN STRES AKADEMIK SISWA BIMBEL WW EDU DI KABUPATEN PASURUAN

Authors

  • Abd Basyid UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Chromotherapy;, Academic Stress;, Self Management

Abstract

The purpose of this study is to reveal the effect of Chromotherapy and Self Management Techniques in reducing student’s academic stress. The researcher used quantitative research method with experimental research types Pre-Experimental Design (non-design), especially One Group Pretest-Posttest. The researcher wants to see the difference between the test results before and after giving treatment to the research object. The results of this study show that count is higher than t¬table, it is 11.716>2.042. However, the results of the Sig  value are higher than 0.05, it is 0.000>0.05. Thus, Ha is accepted and Ho is rejected. This means that there is a decrease in student academic stress after being given Chromotherapy and Self Management treatment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andreasen. N. C and Black. D. W. Introductory Textbook Of Psychiatry. 3rd ed. USA: British Library, 2001.

Aryani, Farida. Stres Belajar Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling. Makassar : Edukasi Mitra Grafika, 2016.

Aysha, Kafiyatul. Terapi Warna Untuk Mengurangi Kecemasan Pada Remaja Yang Hamil Di Luar Nikah, Skripsi.

Barida, Muya dan Hardi Prasetiawan. Urgensi Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa SMP, Jurnal Fokus Konseling, Vol 4, No 1, 2018.

Barseli, Mufadhal, Ifdil dan Nikmarijal. Konsep Stres Akademik, Jurnal Konseling dan Pendidikan, Vol 5, No 3, 2017.

Gamayanti Witrin, Mahardianisa dan Isop Syafe’I. Self Disclosure dan Tingkat Stres Pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi, PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol 5, No 1, 2018.

Gantina, K dan Karsih E W. Teori dan Tehnik Konseling. Jakarta: PT.Indeks, 2016.

Harini, Novita. Terapi Warna Untuk Mengurangi Kecemasan, Jurnal Ilmu Psikologi Terapan, Vol 01, No 02, 2013.

Khusnul Khotimah, Binti. Pengaruh Konseling Individu Dengan Teknik Self Management Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas Viii Di SMP Wiyatama Bandar Lampung Tahun 2017/2018, Skripsi.

Mahmud, Riza dan Uyun, Zahrotul. “Studi Deskriptif Mengenai Pola Stres Pada Mahasiswa Praktikum”, Jurnal Indigeonus, Vol 1, No 1, 2016.

Mu’tadin Z. Kesulitan Menulis Skripsi.

Purwanto Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, Ratna Setyowati Putri. Studi Eksploratif Dampak Pndemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar, Edupsycouns Journal, Vol 2, No 1, 2020.

Putri Arianto, Dina. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Self Management Dalam Belajar Siswa Kelas X SMA Istiqlal Delitua, Skripsi.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian.

Shenoy. Colledge stress and symptom expression in international students: a comperative study.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Taufik, Ifdil, dan Zadrian Ardi. Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang, Jurnal Konseling dan Pendidikan, Vol 1, No 2, 2013.

Tri Rizky, Reza, Taufik, Khairani, Frischa Meivilona Yendi, Verlanda Yuca. Penggunaan Kromoterapi dalam Konseling Untuk Penanganan Kejenuhan Belajar Siswa Pada Era Revolusi Industri 4.0, Indonesian Journal of School Counseling, 2019.

Yusi Riksa Yuatiana, Manajemen Diri, http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/196611151991022-YUSI_RIKSA_YUSTIANA/SAP%2C_RPP/MANAJEMEN_DIRI.pdf, di akses 27 Agustus 2020

Yuwono, Susatyo. Mengelola Stres dalam Perspektif Islam dan Psikologi, PSYCHO IDEA, Tahun 8 No 2, 2020.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Basyid, A. (2023). IMPLEMENTASI CHROMOTHERAPY DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENURUNKAN STRES AKADEMIK SISWA BIMBEL WW EDU DI KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 9(1), 115–125. Retrieved from https://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/jbki/article/view/1331

Issue

Section

Articles