Grooming Konselor Muslim: Panduan Berpenampilan dalam Kitab Asy-Syama’il Al-Muhammadiyah

Authors

  • Aswar Aswar STKIP Muhammadiyah Barru
  • Azwar Iskandar Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar
  • Edil Wijaya Nur UPT SMA Negeri 6 Sidrap

DOI:

https://doi.org/10.29080/jbki.2020.10.1.1-19

Keywords:

Grooming;, Counselors;, Muslims;, Muhammad;, Services

Abstract

The Prophet Muhammad is a role model for all Muslims in all parts of the world. Of course,
imitating one's morals is a special priority for a Muslim adviser and can appreciate and reap blessings. The
purpose of this research is to find a description of the care of Muslim counselors through a study of the habits of
the appearance of the Prophet Muhammad in the book Asy-Shama'il Al-Muhammadiyah. This research
method uses qualitative studies through library research (content research) with content analysis techniques and
triangulation of data sources. The results found that Muslim care could be copied from the habits of the
appearance of the Prophet Muhammad. While Muslim grooming can imitate (highlight) the shape of hair,
turban (songkok), clothing, gloves, sandals (sandals), rings and fragrances seen by the Prophet Muhammad.
This research can be useful for Muslims in managing their appearance (or care) in talking with counselees and
/ or in providing counseling guidance services.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimanyu & Manrihu (2009). Teknik dan Laboratorium Konseling Jilid II. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Afriani, D. W. (2013). Budaya Profetik di Pesantren Salaf. IBDA: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, 11(2), 227-237.

Allstrongs. “Sarong History.” https://www.allsarongs.com/sarong-history-a/144.htm,(diakses pada tanggal 14/05/2020 pukul 10:44)

Amin, Z. N., & Konseling, F. I. P. Kualitas pribadi konselor

Azwar Iskandar dan Khaerul Aqbar. (2019). Kedudukan Ilmu Ekonomi Islam di Antara Ilmu Ekonomi dan Fikih Muamalah: Analisis Problematika Epistemologis, Nukhbatul ‘Ulum: Jurnal Bidang Kajian Islam, Vol. 5, No. 2.

Bay, K. (2017). Kriteria Sunnah Tasyri’iyah yang Mesti Diikuti. Jurnal Ushuluddin, 23(1), 71-87.

Bukhori, A. (2018). PeLaksanaan Cukur Rambut Mohawak (Qaza’) Ala Balotelli di Tinjau Menurut Hukum Islam: Studi Kasus pada Kelurahan Tuah Karya Kec. Tampan Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Databoks. “Berapa Jumlah Penduduk Muslim Indonesia.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/24/berapa-jumlah-penduduk-muslim-indonesia (diakses pada tanggal 04/04/2020 pukul 7:40 Wita).

Dwi Lestari, H. E. S. T. Y. (2019). Gaya Rambut Gondrong Mahasiswa Malang Era Dekade 1970’an. Avatara, 7(1).

Ghofur, A. (2020). SONGKOK CELLENG. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 6(01), 35-55.

Hanum, A. N. A., & Urada, T. (2019). GoNdrong: Sebuah Konstruksi Identitas Pria di Era Milenial. Widya Komunika, 9(1), 68-85.

Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 41-49.

Isnaini, J. H. (2016). Perbedaan the proximity of clothing to self (kedekatan pakaian terhadap diri) antara laki-laki dan perempuan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Brawijaya (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)

Ismail, L. KoNsep Pakaian Menurut Salafi Banyumas.

Jaelani, A. Q. (2011). Remaja dan Gaya Rambut (Perilaku Remaja dalam Memilih Model Rambut sebagai Dampak dari Pengidolaan Seorang Tokoh).

Kamusku v6.7.0 by KODELOKUS.

Karen Armstrong, Muhammad, Prophet for Our Time terj. Yuliani Liputo (Bandung: Mizan, 2013), h. 57

Kartiwa, Suwati. (1983). Tenun Ikat. Jakarta: Djambatan.

KBBI V 0.2.1 Beta (21). 2017. Badan pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Laila, A. N. (2017). Spirit aturan memakai emas dan sutera dalam Hadis (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Magfiroh, L. (2015). Studi analisis Hadis tentang larangan laki-laki memakai cincin emas (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Makhmudah, U. (2017). Mempersiapkan Kompetensi Kepribadian Calon Konselor untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Psikoedukasi dan Konseling. 1 (1), 71.

Masmadia. A. S. (2018). Makna perhiasan emas bagi kalangan wanita Madura di Kota Surabaya. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga.

Miski, M. (2017). Fenomena Meme Hadis Celana Cingkrang Dalam Media Sosial. Harmoni, 16(2), 291-306.

Muda, T. Y. (2016). Persepsi ulama Kota Palangka Raya tentang penggunaan jenis parfum dalam ibadah sholat (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Mujtaba, F. (2017). Sunnah Nabi SAW dalam memakai cincin bermata batu (kajian atas hadis-hadis dalam al-Kutub al-Sittah) (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ushuluddin, 2017).

No, P. 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.(2014). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Poentarie, E. (2015). Komparasi Kebenaran, Relevansi, Keseimbangan dan Netralitas Dalam Pemberitaan (Studi Konten Analisis Terkait Pemberitaan Pemilu Presiden 2014 Di Harian Kompas Dan Koran Sindo) he Comparasion of Truth, Relevance, Balance and Netrality in News Reporting. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 19(1), 1-13.

Prijana, P. (2015). InTernet dan Gaya Fashion Mahasiswa. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(2), 283-296.

Samsuar, S. (2019). ATRIBUSI. Network Media, 2(1).

Sasmara, A. D., & Pinasti, V. I. S. (2018). PoPularitas Barbershop Dan Kesadaran Fesyen Mahasiswa Yogyakarta. E-Societas, 7(1).

Solihin, O. (2015). Makna Komunikasi Non verbal dalam Tradisi Sarungan di Pondok Pesantren Tradisional di Kota Bandung. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM, 4.

Suci Alisia, N. I. L. A., & Pribadi, F. (2019). Dramaturgi Konselor Sekar Arum dalam Mendampingi Korban Kekerasan. Paradigma, 7(1)

Suheri, S. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Pemakai Pakaian Gamis (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Masyarakat Lingkungan XV dan VIII Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli Terhadap Pengguna Pakaian Gamis). PERSEPSI: Communication Journal, 1(1).

SUPRATNO, H., SUBANDIYAH, H., & RAHARJO, R. P. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA PENCEGAHAN RADIKALISME SANTRI. Prosiding Semnas PPM 2018, 1(1), 1909-1919.

Tahir, M. (2013). Khutbah jum’at di kota samarinda (analisis kesiapan para khotib di kota samarinda). FENOMENA, 5(2).

Tarsidi, D. (2010). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Triputra, P. (2017). Fashion Sebagai Alat Komunikasi Non Verbal Dalam Menunjukkan Identitas Diri. Koneksi.

Wangid, M. N. (2010). Peran konselor sekolah dalam pendidikan karakter. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Wikipedia. “Hasjim Asy’ari.” https://id.wikipedia.org/wiki/Hasjim_Asy%27ari, (diakses pada tanggal 14/05/2020 pukul 07:30 wita).

Wikipedia. “Ahmad Dahlan.” https://id.wikipedia.org/wiki/Ahmad_Dahlan, (diakses pada tanggal 14/05/2020 pukul 07:27 wita)

Yandri, H. (2016). Kepribadian Konselor dan Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).

Zubaidah, S. (2017). PENTINGNYA GROOMING BAGI SEKRETARIS. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 1(1), 7.

Downloads

Published

2020-06-10

How to Cite

Aswar, A., Iskandar, A., & Nur, E. W. . (2020). Grooming Konselor Muslim: Panduan Berpenampilan dalam Kitab Asy-Syama’il Al-Muhammadiyah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(1), 1–19. https://doi.org/10.29080/jbki.2020.10.1.1-19

Issue

Section

Articles