Efektivitas Konseling Kognitif-Perilaku Untuk Mereduksi Stres Akademik Peserta Didik Kelas XI Farmasi SMK Al-Wafa Ciwidey Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.29080/jbki.2016.6.1.93-122Keywords:
Konseling Kognitif-Perilaku, Stres AkademikAbstract
Efektivitas Konseling Kognitif-Perilaku untuk Mereduksi Stres Akademik (Penelitian Eksperimen Kuasi Terhadap Peserta Didik Kelas XI Farmasi SMK Al-Wafa Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). Program Studi Bimbingan dan Konseling. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kognitif-perilaku untuk mereduksi stres akademik. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif melalui metode penelitian eksperimen kuasi dengan pola Non-equivalent Control Group Design. Hasil studi pendahuluan tentang gambaran stres akademik terhadap 51 peserta didik menunjukkan 16 peserta didik yang termasuk ke dalam kategori stres akademik tinggi, 35 peserta didik yang termasuk ke dalam kategori stres akademik sedang, dan tidak ada peserta didik yang termasuk ke dalam kategori stres akademik rendah. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara peserta didik yang diberi perlakuan berupa konseling kognitif-perilaku dengan yang tidak diberi perlakuan. Untuk itu, hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan Uji Mann-Whitney. Adapun hasil uji statistiknya adalah p value 0,16 < 0,05 yang menunjukkan bahwa konseling kognitif-perilaku efektif untuk mereduksi stres akademik peserta didik kelas XI SMK Al-Wafa Bandung. Adapun indikator gejala stres akademik yang berhasil direduksi dengan menggunakan konseling kognitif-perilaku adalah merasa kebingungan atau sulit konsentrasi, jenuh (merasa tidak menikmati hidup), berbohong, dan membolos.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licensing
© The Author(s). Published by Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia.
This is an Open Access article distributed under the terms of Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).