Strategi Komunikasi Dakwah Band Wali dalam Lagu Cari Berkah

Authors

  • Restiawan Permana

DOI:

https://doi.org/10.15642/jki.2013.3.1.119-136

Abstract

The so-called religious songs are increasingly recognized and positively responded by many, both children and adult. They then become an alternative trend in prose–lytizing, in addition to lecturing. Wali is a musical group in Indonesia that has a commitment to spread Islamic religious symbols through the lyrics of its songs. By using descriptive analysis, this article examines the song entitled Cari Berkah by the group as a strategy of proselytizing communication. The study results show that the song has delivered a positive message in accordance with Islamic law, as the group leads the listeners to become aware of the importance of helping each other.
Keywords: song lyric, proselytizing strategy, wali band, des–criptive analysis.

------------------------------------------------------------------------

dan digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kini berdakwah melalui lagu merupakan tren alternatif, selain berceramah. Wali adalah sebuah grup musik dalam negeri yang memiliki komitmen untuk mela–kukan syiar agama melalui lirik lagu-lagunya. Melalui analisis deskriptif, artikel ini membahas lagu Cari Berkah karya Band Wali sebagai strategi komunikasi dakwah. Hasil studi menyatakan bahwa lagu Cari Berkah yang dibuat oleh Wali mewakili pesan yang positif sesuai dengan syariat Islam, karena Band Wali ingin mengajak pendengarnya untuk lebih menyadari akan arti pentingnya hidup saling tolong menolong antar sesama.
Kata Kunci: syair lagu, strategi dakwah, band wali, analisis deskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Restiawan Permana

Dosen Jurusan Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas BSI Bandung

References

Amrullah, Ahmad. 1985, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial, PLP2M, Yogyakarta.
Anshari, Isa. 1995, Mujahid Dakwah, PT Diponegoro, Bandung.
Basrowi & Suwandi. 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Bisri, Hasan, 2009. Filsafat Dakwah, Dakwah Digital Press, Surabaya.
Bogdan, Robert & Steven J. Taylor. 1993, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif (Terjemahan A. Khozim Afand), Penerbit Usaha Nasional, Surabaya.
Dermawan, Andy. 2005, Ibda Bi Nafiska Tafsir Baru Keilmuan Dakwah, Tiara Wacana, Yogyakarta.
Effendy, Onong Uchjana. 2000, Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, Citra Aditya Bakti, Bandung.
Hamidi, 2008. Metode Penelitian Kualitatif Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian, UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.
Kriyantono, Rakhmat. 2006, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Prenada Media Group, Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mulyana, Deddy. 2002, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mulyani, Euis Sri. 2003, Panduan Pengajaran Seni dalam Islam, Departemen Agama RI, Jakarta.
Muhsin, Habib. 2008, Menggagas Model Komunikasi Dakwah “Bil Hal” di Pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial Alternatif vol. IX no. 2, hal. 146, APMD, Yogyakarta
Ruslan, Rosady. 2000, Manajemen Public Relations dan Manajemen Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sobur, Alex. 2003, Semiotika Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sugiyono. 2009, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D, CV Alfabeta, Bandung.
Suseno, Darmo Budi. 2005, Lantunan Shalawat + Nasyid Untuk Kesehatan dan Melejitkan IQ-EQ, SQ, Media Insani, Yogyakarta.
Sutopo, H.B. 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
West, Richard dan Lynn H. Turner. 2007, Pengantar Teori Komu–nikasi 2: Analisis dan Aplikasi, Salemba Humanika, Jakarta.
Wulandari, Dinny Arisoffi. 2010, Representasi Dakwah dalam Lirik Lagu Tobat Maksiat Pada Album Ingat Sholawat Karya Wali Band (Studi Semiologi Representasi Dakwah dalam Lirik Lagu Tobat Maksiat), UPN Veteran, Surabaya.
Internet
Istilah-Istilah Umum dalam Lagu (diupdate 23/7/2011). Diakses pada 23/2/2012 dari http://keyboardiz.com/?p=article&id=929
Rima dalam Puisi (diupdate 25/8/2010). Diakses pada 25/2/2012 dari http://kelasmayaku.wordpress.com/2010/08/25/rima-dalam-puisi/
Senandung Cahaya Islam Melalui Pop Religi (diupdate 11 Januari 2010). Diakses pada 15 Februari 2013 dari http://qultummedia.com/Kabar-Qultum/Review-Buku/senandung cahaya-islam-melalui-pop-religi.html
Profil Wali. Diakses pada 15/2/2013 dari http://waliband.net/profil.php

Downloads

Published

2013-06-01

How to Cite

Permana, R. (2013). Strategi Komunikasi Dakwah Band Wali dalam Lagu Cari Berkah. Jurnal Komunikasi Islam, 3(1), 119–136. https://doi.org/10.15642/jki.2013.3.1.119-136

Issue

Section

Articles